Analisis Gaya Bahasa dalam Sepuluh Puisi Karya 李煜 Lǐyù yang Terdapat dalam Buku 李煜词集Lǐyù Cí Jí

Meirary, Larasati Kania and Putrie Rahayuningtyas, MTCSOL (2020) Analisis Gaya Bahasa dalam Sepuluh Puisi Karya 李煜 Lǐyù yang Terdapat dalam Buku 李煜词集Lǐyù Cí Jí. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam karya sastra, gaya bahasa adalah cara penulis menulis dan atau bercerita. Itulah yang membedakan satu penulis dari yang lain dan menciptakan "suara" yang didengar audiens saat mereka membaca. Ada banyak bagian penting yang bersama-sama membentuk gaya bahasa penulis; seperti nada, pilihan kata, tata bahasa, bahasa, teknik deskriptif, dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Terdapat delapan gaya bahasa yang ditemukan dalam sepuluh puisi yang telah diteliti, yaitu gaya bahasa 比喻 bǐyù, 比拟 bǐnǐ, 夸张 kuāzhāng, 反语fǎnyǔ, 映衬 yìngchèn, 反复 fǎnfù, 设问 shèwèn, dan 反问 fǎnwèn. Empat gaya bahasa yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa 比喻 bǐyù sebanyak tujuh kalimat, 夸张 kuāzhāng sebanyak tiga kalimat, 反问 fǎnwèn sebanyak tiga kalimat, dan 比拟 bǐnǐ sebanyak dua kalimat.

Other obstract

在文学中,语言风格是作者写作或讲述故事的方式。正是它使一个作家区别 于另一个作家,创造了观众在阅读时听到的“声音”。作家的语言风格有许 多重要的组成部分,如语调、选词、语法、语言、描写技巧等等。本研究采 用定性研究方法。在所研究的十首诗歌中,共发现八种语言风格,即比喻、 比拟、夸张、反语、映衬、反复、设问和反问。四种最使用的语言风格是比 喻七句、夸张三句、反问三句和比拟两句。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120202
Uncontrolled Keywords: Puisi, Bahasa, Stilistika, Gaya Bahasa, 诗歌,语言,文体学,语言风格
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 May 2023 03:15
Last Modified: 15 May 2023 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199537
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LARASATI KANIA MEIRARY.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item