Kristina, Dwi Handayani and Franciscus Apriwan, S.ANT., M.A. (2022) Potret Beban Pendidikan Siswa dan Orang Tua dalam Menghadapi Kebijakan PPDB Zonasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan merupakan hak bagi setiap orang. Untuk mendukung terlaksananya pendidikan yang baik di Indonesia, Kementerian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menentukan peraturan-peraturan terkait sistem pendidikan yang diberlakukan. Salah satu kebijakan yang telah di tetapkan oleh Kemendikbud adalah Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kebijakan PPDB telah mengalami beberapa evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya. PPDB saat ini lebih dominan menerapkan sistem jalur wilayah atau dikenal dengan jalur zonasi untuk penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah negeri. Banyak presepsi yang muncul di masyarakat terkait dengan kebijakan ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak dan upaya siswa dalam menghadapi sistem PPDB Zonasi. Kedua, bagaimana presektif dan peran orang tua dalam mengupayakan pendidikan anaknya untuk menghadapi PPDB Zonasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan upaya masyarakat dalam menyikapi kondisi yang saat ini sedang berlangsung.
English Abstract
Everyone has the right to an education. To support the implementation of good education in Indonesia, the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud), determines regulations related to the education system that are enforced. One of the policies set by the Ministry of Education and Culture is the new student acceptance system, called ‘Penerimaan Peserta Didik Baru’ (PPDB). The PPDB has undergone several evaluations from previous years. PPDB is currently more dominant in implementing the regional route system or known as the ‘Zoning System’ for admitting new students to the state schools. Many perceptions about this policy. The first purpose of this research is to understand the impact and efforts of students that have to deal with the zoning system. Second, what is the perspective and role of parents in seeking their children's education to deal with Zoning System. The method used in this study is the ethnographic method. This study aims to determine the impact and efforts of the community in responding to the current conditions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120308 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, PPDB, Zonasi, Siswa, Peran Orang Tua, Education, PPDB, Zoning, Students, Role of Parents |
Subjects: | 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 May 2023 02:52 |
Last Modified: | 15 May 2023 02:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199528 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
KRISTINA DWI HANDAYANI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |