Ekeftivitas Pasal 26 Ayat (1) Huruf D Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah Terkait Pelarangan Pembuangan Sampah Di Tempat Yang Telah Ditentukan Atau Disediakan Khususnya Sungai (Studi Kasus di Daerah Aliran Sungai Brantas Kota Malang)

Perwira, Sihabudin Bayu and Dr. Iwan Permadi,, S.H., M.Hum and Dr. Dewi Cahyandari,, S.H., M.H (2022) Ekeftivitas Pasal 26 Ayat (1) Huruf D Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah Terkait Pelarangan Pembuangan Sampah Di Tempat Yang Telah Ditentukan Atau Disediakan Khususnya Sungai (Studi Kasus di Daerah Aliran Sungai Brantas Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi masyakarat saat ini adalah sampah. Sampah menjadi salah satu permasalahan yang kompleks untuk dihadapi pada era saat ini, baik di negara maju maupun negara berkembang. Sampah menjadi masalah yang sangat umum dihadapi di kota-kota besar Indonesia. Di Indonesia sendiri, permasalahan tersebut telah menjadi sorotan dan permasalahan yang sangat penting. Hal ini bisa dilihat mulai dari permasalahan pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, pengangkutan sampah, dan pengelolaan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah menjadi barang yang dianggap barang sisa ataupun barang buangan yang sudah tidak berharga. Setiap harinya manusia menjadi sumber paling besar yang menghasilkan sampah, namun manusia juga yang menghindari keberadaan sampah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembuangan sampah pada daerah aliran sungai brantas dan bagaimana efektivitas Pasal 26 ayat (1) huruf D Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah. Penulisan karya tulis ini menggunakan metode penelitian lapang dengan jenis penelitian sosiolegal dengan pendekatan yuridis sosiologis. Bahkan hukum primer dan sekunder diperoleh dengan menggunakan teknik in-depth interview kepada responden dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan Teknik purposive sampling dan teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa Pasal 26 ayat (1) Huruf D Peraturan Daerah Kota Malang tentang Pengelolaan Sampah masih belum berjalan efektif, penyebab tidak efektifnya pasal tersebut ialah Faktor ekonomi masyarakat yang masih berada pada kelas menengah kebawah hal ini mempengaruhi dengan tingkat pendidikan yang masih rendah, yang membuat pemahaman dan pengetahuan warga terhadap fungsi hukum masih rendah dan Satpol-PP belum pro aktif dalam menegakkan peraturan daerah tentang Pengelolaan Sampah. Sehinga belum ada aksi nyata dalam penanganan pelanggaran peraturan daerah.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010163
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 May 2023 06:45
Last Modified: 11 May 2023 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199403
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sihabudin Bayu Perwira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item