Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Melakukan Review Jujur Sebuah Jasa Pada Media Sosial Berdasarkan Konvensi Internasional Dan Hukum Nasional

Rahmadhani, Shofiana and Dr. Yuliati,, S.H., L.LM, and Dr. Yenny Eta Widyanti,, S.H., M.Hum. (2022) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Melakukan Review Jujur Sebuah Jasa Pada Media Sosial Berdasarkan Konvensi Internasional Dan Hukum Nasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Penelitian skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan isu hukum mengenai adanya konflik hukum pada Pasal 4 huruf (d) Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dengan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dalam hal perlindungan hak kebebasan berpendapat konsumen dalam melakukan review jujur sebuah jasa pada media sosial berdasarkan Konvensi Internasional dan Hukum Nasional. Latar belakang penulis mengambil tema tersebut adalah adanya dampak perkembangan teknologi dan informasi yang mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi dan wawasan mengenai suatu produk dan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan pendapat, kritik, saran, keluhan, maupun masukan terhadap suatu jasa melalui kegiatan review jujur. Adanya kegiatan tersebut sekaligus karena lemahnya posisi konsumen seringkali pelaku usaha dengan mudahnya dapat menjerat konsumen terhadap tindak pidana pencemaran nama baik melalui pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Berdasarkan hal tersebut maka pada skripsi ini mengangkat rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimanakah perlindungan hukum bagi konsumen atas kebebasan berpendapat dalam mereview sebuah jasa pada media sosial berdasarkan Konvensi Internasional dan Hukum Nasional? dan (2) Bagaimanakah konsistensi penerapan pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap pasal 4 huruf (d) Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengenai kebebasan berpendapat konsumen? Menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundangundangan dan pendekatan kasus, dengan menggunakan bahan hukum primer dan sekunder serta bahan hukum tersier serta melakukan Analisa interpretasi dalam membahas persoalan hukum. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah bahwa perlindungan hukum bagi konsumen atas kebebasan berpendapat dalam melakukan review jujur sebuah jasa pada media sosial berdasarkan Konvensi Internasional dan Hukum Nasional merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang keberadaanya dilindungi dilindungi oleh Pasal 4 huruf (d) Undang- Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Deklarasi Universal HAM, Undang-Undang Nomor 39 Tentang Hak Asasi Manusia, dan Undang-Undang No.9 Tahun 1998 Tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Selanjutnya pada penerapan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap Pasal 4 huruf (d) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, yaitu dalam hal perlindungan kebebasan berpendapat konsumen dalam melakukan review sebuah jasa pada media sosial ini mengalami inkonsistensi dan dinilai belum dapat menciptakan perwujudan perlindungan konsumen karena belum adanya batasan-batasan pada unsur “pencemaran nama baik” dalam pasal ini sehingga menimbulkan kekaburan, maka diperlukan adanya penyempurnaan pada pasal ini.

English Abstract

In this thesis research, the author raises the issue of legal issues regarding the existence of legal conflicts in Article 4 letter (d) of Law No.8 of 1999 concerning Consumer Protection with Article 27 paragraph (3) of Law No.11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions in terms of protecting the right to freedom of expression of consumers in conducting an honest review of a service on social media based on International Conventions and National Law. The author's background in taking this theme is the impact of technological and information developments that make it easier for the public to obtain information and insights about a product and social media as a means to express opinions, criticisms, suggestions, complaints, and input on a service through honest review activities. The existence of this activity is also due to the weak position of consumers, often business actors can easily ensnare consumers against criminal defamation through article 27 paragraph (3) of Law No.11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions. Based on this, this research raises the formulation of the problem, namely: (1) How is the legal protection for consumers for freedom of expression in reviewing a service on social media based on international conventions and national law? and (2) How is the consistency in the application of article 27 paragraph (3) of Law No.11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions to article 4 letter (d) of the Consumer Protection Law regarding consumer freedom of expression? By using normative juridical research methods, with a statutory approach and a case approach, by using primary and secondary legal materials and tertiary legal materials and conducting interpretation analysis in discussing legal issues. The results of research that have been carried out by researchers are that legal protection for consumers for freedom of expression in conducting honest reviews of services on social media based on International Conventions and National Law is part of human rights, whose existence is protected by Article 4 letter (d) of Law No.8 of 1999 concerning Consumer Protection, Constitution of the Republic of Indonesia of 1945, Universal Declaration of Human Rights, Law Number 39 concerning Human Rights, and Law No.9 of 1998 concerning the freedom to express opinions in public. Furthermore, in the application of Article 27 paragraph (3) of Law No.11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions to Article 4 letter (d) of Law No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection, namely in terms of protection of consumers' freedom of expression in reviewing a service on social media experiencing inconsistencies and being considered unable to create the embodiment of consumer protection because there are no restrictions on the element of "defamation" in this article so as to cause blurring, so it is necessary to improve this article.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010162
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 May 2023 06:40
Last Modified: 11 May 2023 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199399
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shofiana Rahmadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item