Analisis Strategi Pemasaran Telur dan Burung Puyuh Afkir pada Unit Bisnis Pondok Pesantren Manajer Tholabie

Marliana, Dina and Ir. Rizki Prafitri,, S.Pt., M.A., Ph.D (2023) Analisis Strategi Pemasaran Telur dan Burung Puyuh Afkir pada Unit Bisnis Pondok Pesantren Manajer Tholabie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pondok Pesantren Manajer Tholabie merupakan salah satu pondok pesantren di Kota Malang yang telah memiliki berbagai unit usaha di bidang pertanian, perikanan, kuliner, pernikahan dan peternakan. Salah satu contoh unit usaha di bidang peternakan adalah peternakan burung puyuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan unit usaha dan strategi pengembangan pemasarannya bagi Pondok Pesantren Manajer Tholabie. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT sebagai analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesantren mulai membangun usaha ternak puyuh pada tahun 2020 yang dikembangkan oleh divisi usaha dan divisi pemasaran Pondok Pesantren Manajer Tholabie. Populasi peternakan pada awalnya adalah 150 ekor burung puyuh dalam dua periode waktu kawin. Pemasaran dilakukan dengan 2 konsep yaitu pemasaran konvensional dan pemasaran digital dengan persentase pemasaran konvensional 2% dan pemasaran digital 98%. Itu strategi yang tepat untuk mengembangkan pemasaran adalah strategi SO (Strenghts-Opportunities) yang meliputi peningkatan keterampilan usaha dibidang pertanian, dapat meningkatkan pelayanan kepada konsumen, memanfaatkan akses informasi pasar yang tinggi, membina dan menjaga hubungan baik dengan konsumen, memanfaatkan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kegiatan promosi dan jual beli produk.

English Abstract

Manajer Tholabie Islamic Boarding School is one of islamic boarding schools in Malang City that already has various business units in agriculture, fisheries, culinary, wedding organizing and animal husbandry. One example of a business units in the field of animal husbandry is quail farms. The purpose of this study is to find out the management of business units and its marketing development strategies for in Manajer Tholabie Islamic Boarding School. The method used is descriptive quantitative using SWOT analysis as data analysis. Result of this study shows that the Islamic boarding school began to build quail farms business in 2020. It was developed by the business division and marketing division of the Manajer Tholabie Islamic Boarding School. The population of the farms the beginning was 150 quails in two breeding period time. Marketing is carried out with 2 concepts, namely conventional marketing and digital marketing with a percentage of 2% conventional marketing and 98% digital marketing. The right strategy to develop marketing is the SO (Strenghts-Opportunities) strategy which includes improving business skills in the field of agriculture, can improve services to consumers, take advantage of high access to market information, foster and maintain good relations with consumers, take advantage of the development and progress of science and technology for promotional activities and buying and selling products.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523050037
Uncontrolled Keywords: Marketing, quail, strategy, SWOT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 May 2023 06:35
Last Modified: 11 May 2023 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199397
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DINA MARLIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item