Putri, Fellicia Roshita Armanda and Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd. (2022) Penerapan Metode Silaba Melalui Video Pembelajaran Animasi Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 SDN Sumber Wetan I Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada proses belajar mengajar perlu diterapkannya metode atau media yang berbeda dari biasanya dengan harapan dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap perencanaan pembelajaran membaca siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo menggunakan metode silaba melalui video animasi, mendeskripsikan tahap pelaksanaan pembelajaran membaca siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo menggunakan metode silaba melalui video animasi, dan mendeskripsikan dampak penerapan metode silaba melalui video pembelajaran animasi bagi pembelajaran membaca siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga jalur analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode silaba melalui video pembelajaran animasi tergolong baik. Hal itu terlihat dari 14 siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 98. Selain itu, hasil observasi juga menunjukkan bahwa 91% siswa memperhatikan serta menyimak pembelajaran dengan seksama, 95% siswa menyukai video pembelajaran animasi yang digunakan, dan 77% siswa aktif menjawab pertanyaan yang diberikan.
English Abstract
In the teaching and learning process, it is necessary to apply different methods or media than usual to attract students' interest in the learning process. The purpose of this research is to describe the stages of planning learning to read in class 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo using the silaba method through video animation, to describe the stages of implementing learning to read in class 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo using the silaba method through video animation, and to describe the impact of applying the method silaba through animated learning videos for learning to read class 1A students at SDN Sumber Wetan I Probolinggo. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The data source in this study is class 1A students at SDN Sumber Wetan I Probolinggo, which consisted of 22 students. Data collection techniques are used through observation, interviews, and documentation. The data collected in this study were analyzed using the Miles and Huberman model which consisted of three lines of analysis namely data reduction, data display, and drawing conclusions. The results showed that the application of the silaba method through animated learning videos was quite good. This can be seen from the 14 students who obtained an average score of 98. In addition, the observations also showed that 91% of students paid attention and listened carefully to the lessons, 95% of students liked the animated learning videos used, and 77% of students actively answered the questions given.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120282 |
Uncontrolled Keywords: | Silaba, Video Animasi, Membaca, Syllabic, Animated Video, Reading |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 11 May 2023 01:18 |
Last Modified: | 11 May 2023 01:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199267 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fellicia Roshita Armanda Putri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |