Syafitri, Zakiyah and dr. Thareq Barasabha,, S.Ked., M.T. and dr. Indriati Dwi Rahayu,, M.Kes. (2023) Studi Komparasi User Experience Layanan Telekonsultasi Medis pada Mahasiswa FK UB Angkatan 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar Belakang: Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Hal ini merupakan faktor pendorong yang menyebabkan distribusi tenaga kesehatan di Indonesia menjadi tidak merata dan disparitas pelayanan kesehatan karena wilayah yang luas dan tantangan transportasi. Untuk mengatasi masalah ini, Indonesia melahirkan perkembangan teknologi berupa platform telekonsultasi medis sebagai sarana yang memungkinkan para profesional kesehatan untuk berkomunikasi dari jarak jauh melalui Internet dan mendapatkan informasi medis yang dipertukarkan dari satu situs ke situs lain melalui komunikasi elektronik untuk meningkatkan kesehatan pasien. Alasan di balik dilakukannya penelitian ini adalah kurangnya studi tentang telekonsultasi medis yang dilakukan di Indonesia dan kebutuhan untuk membandingkan nilai kepuasan komponen user experience dan membandingkan pengaruh komponen user experience tersebut terhadap kepuasan penggunaan telekonsultasi medis di Indonesia. Tujuan: membandingkan komponen user experience mahasiswa terhadap layanan telekonsultasi yang disediakan oleh berbagai platform telemedicine di Indonesia. Metode: Dari populasi mahasiswa FK UB Angkatan 2019, didapatkan 101 sampel untuk kelompok yang pernah menggunakan layanan telekonsultasi medis yang memenuhi kritera inklusi. Dilakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional mengenai Studi Komprasi User Experience Layanan Telekonsultasi Medis pada Mahasiswa FK UB Angkatan 2019. Hasil: Berdasarkan nilai kepuasan dengan Skala Likert didapatkan komponen UX akses memiliki nilai kepuasan tertinggi, yaitu 427 dan uji Chi-Square didapatkan terdapat hubungan yang signfikan atau bermakna antara kualitas teknologi dengan kepuasan, p = 0,005 (α<0,05) dan terdapat hubungan yang signfikan atau bermakna antara kualitas pertemuan dengan kepuasan, p = 0,000 (α<0,05). Berdasarkan uji risk estimate kualitas teknologi terhadap kepuasan didapatkan relative risk OR 10,200 (CI 95%, 2,207 – 47,131 ; p = 0.005) yang berarti kualitas layanan yang baik 10,2x lebih besar menyebabkan kepuasan dibandingkan dengan layanan yang kurang berkualitas dan Interval kepercayaan didapat 2,207 – 47,131 dan uji risk estimate kualitas pertemuan terhadap kepuasan didapatkan relative risk OR 16,765 (CI 95%, 3,120 – 90,085 ; p = 0.000) yang berarti kualitas pertemuan yang baik 16,8x lebih besar menyebabkan kepuasan dibandingkan dengan kualitas pertemuan yang kurang berkualitas dan Interval kepercayaan didapat 3,120 – 90,085 dimana tidak mengandung nilai Odds Ratio 1 sehingga menunjukan adanya hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pengguna pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan: Komponen User Experience yang memiliki nilai kepuasan tertinggi yaitu, kemudahan akses dan komponen User Experience yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna hanya kualitas pertemuan dan kualitas teknologi. Dari kedua komponen ini yang paling berpengaruh yaitu kualitas pertemuan.
English Abstract
Background: Indonesia is an archipelagic country consisting of thousands of islands with a population of more than 270 million people. This is a driving factor that causes the distribution of health workers in Indonesia to be uneven and disparities in health services due to the large area and transportation challenges. To overcome this problem, Indonesia gave birth to technological developments in the form of a medical teleconsultation platform as a means that allows health professionals to communicate remotely via the Internet and obtain medical information that is exchanged from one site to another via electronic communication to improve patient health. The reason behind conducting this research is the lack of studies on medical teleconsultation conducted in Indonesia and the need to compare the satisfaction value of the user experience component and compare the effect of the user experience component on the satisfaction of using medical teleconsultation in Indonesia. Objective: to compare the components of student user experience to teleconsultation services provided by various telemedicine platforms in Indonesia. Methods: From the 2019 batch of FK UB student population, 101 samples were obtained for the group that had used medical teleconsultation services that met the inclusion criteria. Descriptive quantitative research was carried out with a cross-sectional design regarding a Comparison Study of User Experience Medical Teleconsultation Services for UB Medical Faculty Students Batch 2019. Results: Based on the satisfaction value with the Likert Scale, it was found that the UX access component had the highest satisfaction value, namely 427 and the Chi-Square test found that there was a relationship there is a significant or significant relationship between technology quality and satisfaction, p = 0.005 (α<0.05) and there is a significant or significant relationship between meeting quality and satisfaction, p = 0.000 (α<0.05). Based on the risk estimate test of technology quality on satisfaction, a relative risk OR of 10.200 was obtained (95% CI, 2.207 – 47.131; p = 0.005) which means that good service quality is 10.2x greater causing satisfaction compared to less quality services and a confidence interval is obtained 2.207 – 47.131 and the risk estimate test of meeting quality on satisfaction obtained a relative risk OR of 16.765 (95% CI, 3.120 – 90.085; p = 0.000) which means that good meeting quality is 16.8x greater causing satisfaction compared to less quality meetings and intervals confidence is obtained 3.120 – 90.085 which does not contain an Odds Ratio value of 1 so that it shows a relationship between service quality and user satisfaction at a significance level of 5%. Conclusion: The User Experience component that has the highest satisfaction score, namely, ease of access and the User Experience component that has a significant influence on user satisfaction is only meeting quality and technology quality. Of these two components the most influential is the quality of the meeting.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522060383 |
Uncontrolled Keywords: | User Experience; telekonsultasi medis; kualitas layanan; kemudahan akses; kualitas teknologi; kualitas pertemuan; jenis kelamin; kerabat medis; uang saku; domisili; intensitas penggunaan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 May 2023 02:46 |
Last Modified: | 10 May 2023 02:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199209 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zakiyah Syafitri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |