Pandangan tentang Covid-19 di Kota Malang

Nuria, Sinta and Dr. dr. Tita Hariyanti,, M.Kes. and dr. Nurul Hidayati,, Sp.DLP., MSc., (2023) Pandangan tentang Covid-19 di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stigma adalah ciri negatif yang menempel pada pribadi seseorang karena pengaruh lingkungannya, sedangkan diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama. Stigma terjadi karena munculnya banyak informasi mengenai covid-19 ditambah virus ini merupakan virus baru yang mana pemahaman masyarakat masih kurang dan banyak hal yang masih belum diketahui terkait covid-19, akibatnya masyarakat merasa bingung dan cemas maka demikian hal inilah yang memicu munculnya stigma dan perilaku diskriminatif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pendapat masyarakat mengenai virus covid-19 dan menjelaskan sikap masyarakat terhadap virus covid-19 di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancari 5 orang informan yang termasuk kriteria insklusi dilakukan secara mendalam. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam (in-depth interview). Penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat salah satu informan terkonfirmasi positif Covid-19 yang mendapatkan perlakuan diskriminasi yaitu dijauhi atau dihindari oleh lingkungan sekitarnya yang disampaikan oleh informan bahwa ada yang mengatakan tidak boleh berdekatan dengannya. Namun, seiring berjalannya waktu dan masyarakat sudah mulai beradaptasi dengan pandemi Covid-19 sehingga saat ini sudah tidak mendapatkan sikap diskriminasi. Orang terdekatnya sudah memberikan sikap suportif dari segi moral maupun material. Bentuk-bentuk dukungan dari orang terdekat dan tetangga sekitar yang tampak dari sisi dukungan moral adalah memberikan semangat, support, memberikan kenyamanan di lingkungan rumah dengan tidak mengucilkan penderita, mendoakan kesembuhan, dan menawarkan bantuan. Adapun bentuk dukungan dari sisi material yang dilakukan tetangga dan orang-orang terdekatnya adalah dengan membantu kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman sehat, dan bantuan logistik seperti seperti masker dan obat-obatan.

English Abstract

Stigma is a negative trait attached to a person's personality as a result of his environment, whereas discrimination is the treatment of others differently. Stigma develops as a result of the emergence of a lot of information about covid-19, as well as the fact that this virus is still new and many things are still unknown about covid-19, which causes people to feel confused and anxious, which is what causes the emergence of stigma and behaviour discrimination in society. The purpose of this study is to explain people's attitudes toward the covid-19 virus in Malang City. The qualitative method with a phenomenological approach is used in this study. This study was carried out by conducting in-depth interviews with five informants who met the inclusion criteria. In-depth interviews were used to collect research data. According to the findings of this study, one informant who was confirmed positive for Covid-19 received discriminatory treatment, namely being shunned or avoided by the surrounding environment. However, as time has passed and society has begun to adapt to the Covid-19 pandemic, there is now no discriminatory attitude. People close to him have shown moral and material support. Giving encouragement, support, providing comfort in the home environment by not isolating sufferers, praying for healing, and offering help are examples of visible moral support from close friends and neighbours. Neighbors and those closest to them provide material support by assisting with basic needs such as healthy food and drinks, as well as logistical assistance such as masks and medicines.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060364
Uncontrolled Keywords: Stigma, Diskriminasi, Covid-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2023 07:16
Last Modified: 09 May 2023 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199132
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sinta Nuria.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item