Perbedaan Pengaruh Edukasi Keluarga Melalui Puzzle Interaktif dan Video Tentang Menstruasi Pada Anak Usia Sekolah Terhadap Fungsi Afektif dan Tugas Kesehatan Keluarga di SDN Kotalama 2 Kota Malang.

Kesumawardani, Nadya Ulfa and Dr. Asti Melani Astari,, S.Kp.,M.Kep,Sp.Mat and Dr. Yati Sri Hayati,, S.Kp., M.Kes (2023) Perbedaan Pengaruh Edukasi Keluarga Melalui Puzzle Interaktif dan Video Tentang Menstruasi Pada Anak Usia Sekolah Terhadap Fungsi Afektif dan Tugas Kesehatan Keluarga di SDN Kotalama 2 Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak cenderung mendapatkan informasi dari sumber yang tidak dapat dijadikan referensi karena keterbatasan pengetahuan dan perkembangan emosi yang belum matang. Ketersediaan layanan konseling kesehatan reproduksi khususnya menstruasi masih terbatas, dan orang tua serta masyarakat dipandang memiliki peran yang terbatas dalam mendidik anak tentang menstruasi, sehingga dibutuhkan edukasi keluarga memberikan informasi baik terhadap anak perempuan usia sekolah.Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis perbedaan pengaruh edukasi keluarga melalui puzzle interaktif dan video tentang menstruasi pada anak usia sekolah terhadap fungsi afektif dan tugas kesehatan keluarga. Design Penelitian : penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan dengan pendekatan Pretest- Posttest control group. Sampel penelitian menggunakan total sampling, sebanyak 51 orang seluruh wali murid (ibu) dari anak perempuan kelas 4 dan kelas 5. Instrumen : Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitias dan reliabialitas. Analisis Data : Dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon, uji Mann Whitney. Hasil Penelitian : adanya perbedaan fungsi afektif pada kelompok intervensi menggunakan media puzzle interaktif sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value(0,000 < 0,05). Ada perbedaan fungsi afektif pada kelompok kontrol menggunakan media video sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value (0,001 < 0,05). Ada perbedaan tugas kesehatan keluarga pada kelompok intervensi menggunakan media puzzle interaktif sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value(0,000 < 0,05). Ada perbedaan tugas kesehatan keluarga pada kelompok kontrol menggunakan media video sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value(0,000 < 0,05). Ada perbedaan fungsi afektif pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value (0,000< 0,05). Ada perbedaan tugas kesehatan keluarga pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value (0,000<0,05). Kesimpulan : Edukasi Keluarga yang diberikan pada kelompok intervensi dengan puzzle interaktif dan pada kelompok kontrol dengan video ialah, Edukasi keluarga yang diberikan dengan puzzle interajtif lebih baik daripada edukasi keluarga dengan video, hal ini didapati dari data yang telah peneliti lakukan, dan dapat dinilai bahwa edukasi keluarga menggunakan puzzle interaktif terhadap fungsi afektif dan tugas kesehatan keluarga dapat memberikan peningkatkan komunikasi yang baik antar ibu dan anak, sehingga anak dapat mengingat lebih baik tentang menstruasi.

English Abstract

Children tend to read information from sources that cannot be used as a reference because of limited knowledge and immature emotional development. The availability of reproductive health counseling services, especially menstruation, is still limited, and parents and the community are seen as having a limited role in educating children about menstruation, so family education is needed to provide good information to school-age girls. To analyze differences in the effect of family education through puzzles interactive and videos about menstruation in school-age children on affective functions and family health tasks. Methods : this study uses a type of quantitative research, with a pretest-posttest control group approach. The research sample used total sampling, totaling 51 parents (mothers) of girls in grades 4 and grade 5. Instruments: Data collection used a questionnaire that had been tested for validity and reliability. Results: Performed using the Wilcoxon test, Mann Whitney test. Research result : Shows that there are differences in affective function before and after family education through interactive puzzles p- value (0.001 <0.05), there are differences in affective function before and after family education through video p-value (0.000 <0.05), there are differences in health tasks family before and after family education through interactive puzzles p-value (0.000 <0.05), there are differences in family health tasks before and after family education through video p-value (0.000 <0.05), there are differences in the effect of family education through puzzles interactive and videos about menstruation in school-age children on affective function p-value (0.000 <0.05) and there are differences in the effect of family education through interactive puzzles and videos about menstruation in school-age children on family health tasks p-value (0.000 <0 , 05). Conclusion: Family education given to the intervention group with interactive puzzles and to the control group with videos is, Family education given with interactive puzzles is better than family education with videos, this is found from the data that researchers have done, and it can be judged that education families using interactive puzzles can improve good communication between mother and child, so that children can remember better about menstruation

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423160010
Uncontrolled Keywords: Edukasi keluarga,fungsi afektif,tugas kesehatan keluarga,anak usia sekolah, menstruasi, amily education, affective function, family health work, school age child, menstruation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 May 2023 03:16
Last Modified: 09 May 2023 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199048
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadya Ulfa Kesumawardani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item