Penerapan Aturan Tata Cara Pemuatan Barang Bagi Pemilik Angkutan Barang Di Tinjau Dari Ketertiban Umum Di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Pojok Tulungagung (Studi Pasal 169 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan)

Irjayanto, Kuncoro Dwi and Agus Yulianto, S.H., M.H. and Dewi Cahyandari, S.H., M.H. (2022) Penerapan Aturan Tata Cara Pemuatan Barang Bagi Pemilik Angkutan Barang Di Tinjau Dari Ketertiban Umum Di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Pojok Tulungagung (Studi Pasal 169 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan pada skripsi ini adalah mengenai pengawasan aturan Tata Cara Pemuatan Barang bagi pemilik angkutan barang di tinjau dari Ketertiban Umum di unitPelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Pojok Tulungagung. Pilihan tema tersebut di latar belakangi permasalahan tentang kelebihan muatan angkutan barang yang tidak sesuai dengan daya tampung angkutan sesuai buku uji perjalanan, serta tidak memadainya jembatan timbangan di setiap trayek perjalanan angkutan barang sehingga terlihat bahwa dinas yang bertanggung jawab dalam kebijakan ini belum maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Berdasarkan Undang-Undang nomor22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 169 ayat(1) Pengemudi atau perusahaan angkutan umum barang atau pemilik barang wajib memenuhi ketentuan mengenai Tata Cara Pemuatan, Daya Angkut, Dimensi Kendaraan Bermotor,dan Kelas Jalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1)Bagaimana penerapan Aturan Tata Cara pemuatan Barang bagi pemilik Angkutan barang di tinjau dari ketertiban umum di unitpelaksana penimbangan kendaraan bermotor Pojok Tulungagung?, (2)Apa saja kendala yang di hadapi oleh jembatan timbang Pojok dalam penerapan aturan tata cara pemuatan barang bagi pemilik angkutan barang di tinjau dari ketertiban umum di unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor Pojok Tulungagung?, (3)Bagaimana upaya yang bisa dilakukan dalam penerapan aturan tata cara pemuatan barang bagi pemilik angkutan barang di tinjau dari ketertiban umum di unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor Pojok Tulungagung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiolegal dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data hukum primer dan data hukum primer yang diperoleh penulis dan dianalisa menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Salah satu cara analisis data dengan mengutarakan melalui fakta yang terjadi pada kondisi sebenarnyadi masyarakat melalui wawancara secara mendalam dan tertulis, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini metode diatas, penulis mendapatkan jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam pelaksanaannya di lapangan masih banyak dilakukan kendaraan angkutan barang yang belum memenuhi penerapan aturan tata cara pemuatan kendaraan angkutan barang sesuai dengan Pasal 169 Ayat (1) Undang-Undang nomor22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Fakta yang ditemukan di lapangan masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang melebihi daya angkut dan dokumen yang tidak sesuai dengan aturankendaraan angkutan barang yang telah di uji. Upaya sanksi secara administrasi juga di kenakan bagi kendaraan angkutan barang yang melanggar aturan di jalan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010161
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 May 2023 01:27
Last Modified: 09 May 2023 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198986
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KUNCORO DWI IRJAYANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item