Culture Shock Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Terhadap Bathing Culture di Pemandian Umum Jepang

Febriana, Aisyah Norma and Emma Rahmawati Fatimah,, S.S, M.A (2021) Culture Shock Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Terhadap Bathing Culture di Pemandian Umum Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bathing culture atau mandi merupakan suatu kegiatan alamiah manusia yang bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran yang menempel di tubuh. Setiap negara memiliki kebudayaan yang unik dan beragam, salah satunya adalah Jepang. Jepang memiliki bathing culture yang dilakukan di sento (pemandian umum) dan onsen (pemandian sumber air panas) sejak beratus tahun lamanya. Bagi orang yang pertama kali mengunjungi dan mengetahui pemandian umum Jepang, bisa mengalami kejutan budaya atau culture shock. Penelitian ini membahas tentang culture shock yang dialami Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya terhadap bathing culture di pemandian umum Jepang dan bagaimana mahasiswa mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif yang menganalisis 6 mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya yang menjadi peserta magang di Hokkaido, Jepang melalui wawancara. Data dari hasil wawancara tersebut dianalisis berdasarkan Teori ABC’s of Culture Shock dari Collen Ward, Stephen Bochner, dan Adrian Furnham. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa responden mengalami culture shock. Dimensi abc of culture shock yang dialami oleh responden yaitu, affective, behaviour, dan cognitive. Secara afektif, responden mengalami perasaan takut dan cemas akan budaya hadaka (telanjang) di pemandian umum Jepang, Secara behavior, responden mengalami perubahan dengan berkeinginan untuk beradaptasi dengan bathing culture tersebut dan secara cognitive responden mengalami perubahan cara pandang dan kebiasaan sebagai akibat berkontak dengan budaya baru.

Other obstract

入浴文化や入浴は、体に付着した汚れを取り除くことを目的とした自然な人 間の活動だ。 どの国にも独特で多様な入浴文化があり、その 1 つが日本である。日本は何百年もの間、銭湯と 温泉で入浴する文化がある。日本の公共浴場を初 めて訪れて学ぶ人にとって、文化の衝撃を 体験することができる。この研究で は、ブラウィジャヤ大学の日本人文学の学生が日本の公 共浴場おける入浴文化 について経験したカルチャーショックについて論じている。この研究 の目的は、日本文学大学ブラウィジャヤの学生が日本の公共浴場での入浴の文化にどのよう に衝撃を受け、学生がそれにどのように対処するかを決定することである。 この研究は、日本の北海道でインターンになったブラウィジャヤ大学の 6 人の 日本文学の 学生をインタビューを通して分析した定性的記述研究である。イン タビュー結果のデータは、 Collen Ward、Stephen Bochner、Adrian Furnham によ る ABC のカルチャーショック理論に基 づいて分析した。 この調査の結果から、回答者は文化的ショックを経験していることがわかっ た。回答 者が経験するカルチャーショックの ABC の側面は、感情的、行動的、 認知的であり、回答 者は、反応への恐れから、直面する新しい文化に快適で慣 れることへの増加を経験する。感 情的で、回答者は日本の公共浴場で裸に対す る恐怖と不安を感じる。行動では、回答者は入 浴文化に適応したいと思うこと によって変化を経験し、回答者は最初が恐れと不安 を感じるところで認知的に 変化した。快適さと喜びの感覚に変化し、新しい文化との接触の 結果として、 視 点 と 習 慣 の 変 化 を 経 験 し た こ と が か か っ た 。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120082
Uncontrolled Keywords: bathing culture, culture shock, 入浴文化、カルチャーショック
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 May 2023 01:57
Last Modified: 05 May 2023 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198687
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AISYAH NORMA FEBRIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item