Analisis Hubungan Tingkat Stres dengan Mekanisme Koping pada Tenaga Pendidik di Salah Satu Sekolah Swasta di Malang selama Pandemi COVID-19

Rahmalita, Effie and dr. Zuhrotun Ulya,, Sp.KJ., M.H. and dr. Catur Ari Setianto,, Sp.S(K) (2022) Analisis Hubungan Tingkat Stres dengan Mekanisme Koping pada Tenaga Pendidik di Salah Satu Sekolah Swasta di Malang selama Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2019 menimbulkan banyak kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang begitu cepat. Kebijakan yang dilaksanakan adalah Work from Home dan Learning from home. Kebijakan tersebut membutuhkan pemanfaatan teknologi dan aplikasi online. Kemampuan tenaga pendidik untuk beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi dan aplikasi online berbeda sehingga dapat menimbulkan stres. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres adalah mekanisme koping. Metode Penelitian ini bersifat analitik observasional dan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel yang digunakan berjumlah 30 tenaga pendidik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) yang terdiri dari 10 pertanyaan dan The Brief Cope yang terdiri dari 17 pertanyaan. Analisis data yang digunakan adalah analisa chi-square. Hasil Tingkat stres yang paling banyak dimiliki oleh tenaga pendidik di salah satu sekolah swasta di Malang adalah stres rendah (36,67%) diikuti oleh stres sedang (63,33%) dan tidak ada stres berat. Pada penelitian ini tidak dpoinukan hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan mekanisme koping (p=0,696). Kesimpulan Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan mekanisme koping pada tenaga pendidik di salah satu sekolah swasta di Malang selama pandemi COVID-19.

English Abstract

Background The COVID-19 pandemic that has occurred since 2019 has spawned many policies to deal with the rapid spread of COVID-19. The implemented policies are Work from Home and Learning from home. The policy requires the use of technology and online applications. The ability of educators to adapt to the use of different technologies and online applications can cause stress. One of the factors that affect stress is the coping mechanism. Method This research method is observational analytic and uses a cross-sectional design. The sample used was 30 educators. The research instrument used was the Perceived Stress Scale (PSS-10) questionnaire which consisted of 10 questions, and The Brief Cope, which consisted of 17 questions. The data analysis used is chi-square analysis. Results The most stress level experienced by educators in a private school in Malang was low stress (36,67%) followed by moderate stress (63,33%) and no severe stress. In this study, no significant relationship was found between stress levels and coping mechanisms (p=0.696). Conclusion There is no significant relationship between stress levels and coping mechanisms in teachers at a private school in Malang during the COVID-19 pandemic.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060278
Uncontrolled Keywords: tingkat stres, mekanisme koping, tenaga pendidik, COVID-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2023 01:48
Last Modified: 05 May 2023 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198686
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Effie Rahmalita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item