Conformity Analysis of the 4C Approach to Nonfiction Texts in Indonesian Language Teaching Textbooks for Class XI High School Students

Dhowi, Ahmad Bai and Vanda Hardinata,, M.Pd. (2020) Conformity Analysis of the 4C Approach to Nonfiction Texts in Indonesian Language Teaching Textbooks for Class XI High School Students. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum 2013 menjadi kurikulum wajib yang digunakan dalam proses pembelajaran saat ini di Indonesia. Pengembangan terakhir yang saat ini diimplementasikan dalam pembelajaran ialah dikembangkannya pendekatan 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, dan Collaboration). Pembelajaran berbasis 4C menjadi standar bagi semua mata pelajaran untuk berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Pendekatan 4C perlu diterapkan dan dimunculkan dalam pembelajaran melalui materi-materi yang terdapat dalam buku teks mata pelajaran, termasuk buku teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya analisis untuk menjawab kesesuaian isi materi, utamanya materi teks nonfiksi yang lebih mendominasi. Dari analisis ini akan menjawab rumusan masalah yang berhubungan dengan kesesuaian materi teks nonfiksi (teks prosedur, teks eksplanasi, teks ceramah, teks proposal, dan teks karya ilmiah) di dalamnya dengan masing-masing poin pendekatan 4C. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah dengan menguraikan deskripsi tentang komponen 4C yang terdapat di dalam teks nonfiksi pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagian Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, dan Collaboration pada materi teks nonfiksi sudah dimunculkan melalui penugasan-penugasan yang terdapat di dalam buku tersebut. Critical Thinking menjadi keterampilan yang paling banyak ditemukan dan Creative Thinking menjadi keterampilan yang paling sedikit ditemui dalam materi teks nonfiksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120153
Uncontrolled Keywords: pendekatan 4C, teks nonfiksi, kesesuaian, 4C approach, nonfiction text, conformity
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 May 2023 01:19
Last Modified: 04 Oct 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198667
[thumbnail of Ahmad Bai Dhowi.pdf] Text
Ahmad Bai Dhowi.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Ahmad Bai Dhowi.pdf] Text
Ahmad Bai Dhowi.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Ahmad Bai Dhowi.pdf] Text
Ahmad Bai Dhowi.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item