Virtue Tokoh Antagonis dalam Karya Seni Visual

Pebrianto, Achmad Afandi and Mayang Anggrian,, M. Pd. (2021) Virtue Tokoh Antagonis dalam Karya Seni Visual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap cerita pada media hiburan memiliki karakter dengan peran masing- masing seperti tokoh protagonis dan antagonis. Seorang tokoh antagonis sering dianggap sebagai sosok jahat yang mutlak karena terbayangi oleh tokoh protagonis yang putih bersih. Tanpa disadari tokoh antagonis memiliki virtue atau sisi baik yang tersembunyi. Hal ini mendorong penulis untuk menyajikan kebaikan tokoh antagonis ke dalam karya seni rupa. Sebelum mengerjakan karya, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Penulis menentukan karakter siapa saja akan diangkat yaitu: Sauron, Thanos, Rahwana, Joker, Godzilla, Griffith, Zeon dan Team Rocket. Metode yang digunakan penulis adalah tahap eksplorasi, persiapan, dan pengerjaan. Proses yang dilakukan oleh penulis dalam mencari ide dan konsep karya yaitu dengan melihat rujukan yang bersumber dari buku-buku tentang studi karakter, serta menganalisa karakter secara langsung. Inspirasi visual pada karya penulis, selain dari internet, penulis mendapatkan referensi visual dari karya-karya seniman baik dalam konsep maupun visual karya. Hasil akhir dari tahapan-tahapan yang sudah dilakukan penulis adalah terwujudnya 8 karya, dengan judul antara lain: Industial, Benih Dunia Baru, Pmberian sang Pencuri, Jokes on You, Build the Monster?, Rajawali dalam Gelap, Gemuruh Merah, dan Turun untuk Naik. Tema yang diangkat mengenai sisi baik dari tokoh antagonis. Penulis berharap karya seni rupa ini mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat dan memberikan sudut pandang baru dan tidak menilai karakter hanya dari segi luarnya saja.

English Abstract

Every story on entertainment media has characters with each role, for example protagonist and antagonist character. Antagonist character often potayed as an absolute evil because they overshadowed by good being of the protagonist. Without realization antagonist character posses a virtue or hidden good side. This pushed writer’s intend to capture the goodness of the baddest villains into form of artwork. Before proceeding to do the task, there’s some requirements. Author must decided witch character will be presented witch is: Sauron, Thanos, Rahwana, Joker, Godzilla, Griffith, Zeon and Team Rocket. The method that author use is exploration, preparation, dan working stage. Prosess that writer do to achieve an idea and the artwork’s concept is with references sourced from books about character study also analising character directly. Visual inspiration of writer’s artwork, apart from the internet, writer get visual reference from other experienced artist’s artworks both in consept and visual. The final result of the stages that have been done by the author is the realization of 8 works, with titles including: Industial, Benih Dunia Baru, Pmberian sang Pencuri, Jokes on You, Build the Monster?, Rajawali dalam Gelap, Gemuruh Merah, dan Turun untuk Naik. The theme of these artworks is about the goodside of the antagonist characters. Author is hopes these artworks able to give inspiration to people also shows new perspective and not judge character only from their surface.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120078
Uncontrolled Keywords: Cerita, Tokoh Antagonis, Virtue, Karya Seni Rupa, Story, Antagonist Character, Virtue, Artwork
Subjects: 700 The Arts > 700 The arts
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 May 2023 07:32
Last Modified: 04 May 2023 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198643
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ACHMAD AFANDI PEBRIANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item