Hidayati, Amalia Safitri and Dr. Roosi Roosmawati,, M.Si., and Dr. Esti Junining,, S.Pd., M.Pd., (2023) Hubungan Pendidikan Bilingual (Aspek Leksikal dan Sintaksis) dengan Keterampilan Debat Bahasa Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan bilingual yang telah digalakkan oleh berbagai negara mengindikasikan bahwa pendidikan bilingual memiliki pengaruh positif. Meskipun demikian, berdasarkan penelitian terdahulu, pendidikan bilingual memiliki pengaruh negatif dalam eksistensi bahasa nasional dan bahasa lokal. Sementara itu, Indonesia belum menerapkan kebijakan bilingual secara menyeluruh karena bahasa Inggris hanya digunakan sebagai mata pelajaran bahasa asing di sekolah. SMP National Leader School (NLS) merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan bilingual dengan tiga kurikulum, yakni Cambridge Curriculum, Kurikulum Nasional, dan NLS Curriculum. Latar belakang siswa yang berbeda-beda menghasilkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang berbeda, baik dari aspek kompetensi leksikal maupun sintaksisnya. Salah satu keterampilan berbicara yang diajarkan di sekolah tersebut adalah debat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pendidikan bilingual dari aspek kompetensi leksikal dan sintaksis dengan keterampilan debat bahasa Indonesia, serta mengetahui faktor pendukung adanya hubungan pendidikan bilingual dengan keterampilan debat bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif multiple regression. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes dan non-tes. Data dari penelitian ini diambil dari hasil kuesioner, hasil wawancara, hasil penilaian debat, dan hasil observasi yang dilakukan pada 27 siswa kelas IX dan 21 guru SMP NLS. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode statistika melalui SPSS. Selain itu, secara kualitatif diproses dengan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan penyusunan hipotesis kerja. Kemudian, langkah terakhir adalah uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi leksikal dengan keterampilan debat bahasa Indonesia yang berupa penggunaan kata tidak baku, kesalahan bentukan kata, kesalahan kata ganti kepemilikan, filled pause, dan interferensi bahasa Inggris dalam bahasa Indonesia. Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kompetensi sintaksis dengan keterampilan debat bahasa Indonesia. Meskipun terdapat kesalahan dalam hal ketidaktepatan susunan kata dan ketidakefektifan kalimat, menurut Chomsky (1965), hal tersebut tidak memengaruhi makna dari kalimat yang disampaikan. Dari kedua hubungan tersebut, terdapat faktor pendukung adanya hubungan pendidikan bilingual dengan keterampilan debat bahasa Indonesia, yakni kurikulum sekolah, latar belakang pendidikan siswa, latar belakang bahasa siswa, latar belakang keluarga siswa, dan latar belakang lingkungan rumah siswa.
English Abstract
Bilingual education which has been promoted by several countries indicates that bilingual education has a positive influence. However, based on previous research, bilingual education has a negative influence on the existence of national languages and local languages. Meanwhile, Indonesia has not implemented a comprehensive bilingual policy because English is only used as a foreign language subject in schools. SMP National Leader School (NLS) is one of the schools that implements bilingual education with three curricula, namely the Cambridge Curriculum, the National Curriculum, and the NLS Curriculum. The different backgrounds of students produce different Indonesian speaking skills, both from the aspect of lexical competence and syntax. One of the speaking skills taught at the school is debate. Therefore, this study aims to determine the relationship between bilingual education from the aspect of lexical and syntactic competence, with Indonesian language debate skills and to determine the supporting factors of bilingual education and Indonesian debate skills. This research uses qualitative and quantitative multiple regression methods. Meanwhile, the instruments used were tests and non-tests. The data from this study were taken from the results of questionnaires, interview results, results of debating assessments, and results of observations made on 27 class IX students and 21 teachers of SMP NLS. The data that has been collected is then analyzed quantitatively using statistical methods via SPSS. In addition, it is qualitatively processed by data reduction, categorization, synthesis, and preparation of working hypotheses. Then, the final step is to test the validity of the data. The results showed that there was a relationship between lexical competence and Indonesian debate skills in the form of non-standard word use, word formation errors, possession pronoun errors, filled pauses, and English interference in Indonesian. However, this research also shows that there is no significant relationship between syntactic competence and Indonesian debate skills. Although there are errors in terms of word order inaccuracies and sentence ineffectiveness, according to Chomsky (1965), these do not affect the meaning of the sentences conveyed. Of the two relationships, there are supporting factors for the relationship between bilingual education and Indonesian language debate skills, namely the school curriculum, student educational background, student language background, student family background, and student home environment background.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422120033 |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan bilingual, keterampilan berbicara, kompetensi leksikal, kompetensi sintaksis, debat, bilingual education, speaking skills, lexical competence, syntactic competence, debate |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics |
Divisions: | S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 04 May 2023 06:22 |
Last Modified: | 04 May 2023 06:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198618 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amalia Safitri Hidayati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |