Efektivitas Autologus Fat Graft Dan Metilprenisolon Sebagai Terapi Tunggal dan Terapi Kombinasi Pada Pencegahan Epidural Fibrosis.

Aristoteles, dr. and dr. Andhika Yudistira,, Sp.OT(K) (2022) Efektivitas Autologus Fat Graft Dan Metilprenisolon Sebagai Terapi Tunggal dan Terapi Kombinasi Pada Pencegahan Epidural Fibrosis. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Epidural fibrosis merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi setelah dilakukannya laminektomi. Epidural fibrosis menyebabkan Failed Back Surgery Syndrome dengan berbagai keluhan nyeri punggung maupun nyeri radikular menjalar sampai kedua kaki. Salah satu modalitas terapi fibrosis epidural adalah pencegahan atau reduksi pembentukan fibrosis. Sebagian besar peneltian dengan model hewan yang menguji efektivitas obat atau bahan dalam mencegah fibrosis epidural dengan membandingkan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan berdasarkan histopatologi fibrosis epidural. Methylprednisolone adalah sejenis obat glukokortikoid (steroid). sintetis yang mempunyai aktivitas anti-inflamasi, anti-alergi, dan imunosupresif. Penggunaan autoulogous fat graft sejauh ini paling umum digunakan dalam pencegahan adhesi epidural pescalaminektomi, dikarenakan alasan ekonomis. Model penelitian eksperimental pencegahan epidural fibrosis masih terus dilakukan, tetapi hingga saat ini belum ada kesepakatan tentang metode yang paling baik dalam pencegahan epidural fibrosis.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422060142
Uncontrolled Keywords: Epidural Fibrosis, laminektomi, metiprednisolon, autologous fat graft, kombinasi Methilprednisolon dan Autologus Fat graft Rattus nove
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.7 Diseases of musculoskeletal system
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 May 2023 02:04
Last Modified: 04 May 2023 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198549
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alwy Sugiarto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item