Auwalinah, Agnezia Hanif Auwalinah and Vanda Hardinata,, S.Pd., M.Pd. (2023) Aspek Berpikir Kritis-Kreatif Pada Kegiatan Kupas Teori dan Kreativitas dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kemendikbud Kelas VII SMP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada suatu kegiatan yang ada dalam buku teks bahasa Indonesia. Adapun fokus penelitian ini mengacu pada dua hal, yaitu (1) mendeskripsikan aspek berpikir kritis pada kegiatan kupas teori dalam buku teks bahasa Indonesia kemendikbud kelas VII SMP, (2) mendeskripsikan aspek berpikir kreatif pada kegiatan kreativitas dalam buku teks bahasa Indonesia kemendikbud kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan data berupa kalimat, soal, serta model evaluasi yang terdapat dalam kegiatan kupas teori dan kreativitas pada buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP. Taksonomi yang digunakan dalam mengklasifikasi data adalah taksonomi Fascione. Hasil dari penelitian ini adalah (1) aspek berpikir kritis pada kegiatan kupas teori dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII terdapat pada tahap aspek interpretasi dan aspek analisis, (2) aspek berpikir kreatif pada kegiatan kreativitas dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII terdapat pada setiap bab dengan total 7 kegiatan.
English Abstract
This study aims to describe critical and creative thinking skills in an activity in Indonesian language textbooks. The focus of this research refers to two things, namely (1) describing aspects of critical thinking in the theoretical peel activities in Indonesian language textbooks Kemendikbud grade VII junior high school, (2) describing aspects of creative thinking in creativity activities in Indonesian language textbooks Kemendikbud grade VII junior high school. This research used qualitative approach with descriptive method. The data collection technique used documentation technique with data in the form of sentences, questions, and evaluation models contained in theory and creativity activities in Indonesian language textbooks of grade VII junior high school. The taxonomy used in classifying the data is Fascione's taxonomy. The results of this study are (1) critical thinking aspects in theory review activities in grade VII Indonesian language textbooks are found in the interpretation aspect and analysis aspect stages, (2) creative thinking aspects in creativity activities in grade VII Indonesian language textbooks are found in each chapter with a total of 7 activities. vii
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120214 |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Bahasa Indonesia, Buku Teks, Critical Thinking, Creative Thinking, Indonesian Language, Textbooks |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 04 May 2023 01:29 |
Last Modified: | 04 May 2023 01:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198535 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agnezia Hanif Auwalinah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |