Hikmah, Aufa Fajrul and Dr. Reka Dewantara, and Shanti Riskawati, (2022) Tanggung Jawab Hukum Biro Perjalanan Umrah Dalam Hal Risiko Kegagalan Keberangkatan Pada Masa Pandemi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tanggung jawab hukum biro perjalanan umrah terhadap calon Jemaah umrah atas kegagalan keberangkatan pada masa pandemi. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh ketidak pastian hukum yang terjadi mengenai tanggung jawab biro perjalanan umrah atas calon Jemaahnya yang gagal diberangkatkan pada saat pandemi Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Apakah pademi COVID-19 termasuk dalam overmacht berdasarkan perjanjian antara calon jemaah umrah dengan biro perjalanan umrah? (2) Bagaimana tanggung jawab hukum biro perjalanan umrah dalam hal risiko kegagalan keberangkatan pada masa pandemi? (3) Bagaimana perlindungan hukum represif terhadap calon jemaah umrah yang mengalami kegagalan keberangkatan pada masa pandemi? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan ( statuteapproach) dan pendekatan analitis ( analytical approach). Bahan hukum yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif analitis yaitu suatu metode analisis bahan hukum dengan cara melakukan menentukan isi atau makna aturan hukum dari segi perlindungan konsumen, penyelenggaraan ibadah umrah, serta Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pandemi covid-19 dapat dijadikan alasan biro perjalanan umrah selaku debitur untuk menunda atau tidak sama sekali melaksanakan prestasi dengan ketentuan ia harus mampu memberikan alasan bahwa tidak terpenuhinya prestasi bukan karena ada kesalahan atau wanprestasi dari dirinya namun karena hal yang tidak dapat dihindari yakni terjadinya pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia. Adanya Covid-19 termasuk dalam force majeure relative bagi biro perjalanan umrah. Force majeure relative yakni pemenuhan atas prestasi tidak mungkin dilaksakan hanya untuk sementara waktu saja, karena disaat suatu peristiwa itu berakhir, debitur dapat melaksanakan prestasinya. Biro perjalanan umrah juga selaku sebagai penyedia jasa harus bertanggung jawab untuk melakukan negosiasi dengan calon Jemaah selaku konsumen mengenai penyesuaian waktu serta prosedur baru hingga overmacht berakhir atau dengan mengakhiri perjanjian tergantung kesepakatan antara calon Jemaah umrah dengan biro perjalanan umrah. Proses negosiasi antara calon jemaah umrah dengan biro perjalanan umrah harus sesuai prinsip-prinsip negosiasi.
English Abstract
In this thesis, the author raises the issue of the legal responsibility of the Umrah travel agency to prospective Umrah pilgrims for their failed departure during the pandemic. The choice of theme was motivated by legal uncertainty regarding the responsibility of the Umrah travel agency for its prospective pilgrims who failed to depart during the pandemic. Based on this, this paper raises the formulation of the problem: (1) Is the COVID- 19 pandemic included in the overmacht based on an agreement between prospective Umrah pilgrims and the Umrah travel agency? (2) What is the legal responsibility of the Umrah travel agency in terms of the risk of failure to depart during the pandemic? (3) What is the repressive legal protection for prospective Umrah pilgrims who fail to depart during the pandemic? Then the writing of this paper uses a normative juridical method with a statute approach and an analytical approach. The legal material obtained by the author will be analyzed using descriptive analytical analysis technique, which is a method of analyzing legal material by determining the content or meaning of the rule of law in terms of consumer protection, organizing Umrah worship, and the Civil Code. From the results of the research using the above method, the author obtained answers to the existing problems that the covid-19 pandemic can be used as an excuse for the Umrah travel agency as a debtor to delay or not carry out achievements at all, provided that he must be able to give reasons that the achievement is not fulfilled not because of an error. or a default from him, but because of things that cannot be avoided, namely the occurrence of the covid-19 pandemic that has hit the whole world. The existence of Covid-19 is included in the relative force majeure for the Umrah travel agency. Force majeure is relative, namely the fulfillment of achievements, it is impossible to carry out only temporarily, because when an event ends, the debtor can carry out his achievements. The Umrah travel agency as well as the service provider must be responsible for renegotiating with prospective pilgrims as consumers regarding the adjustment of time and new procedures until the overmacht ends or by terminating the agreement depending on the agreement between the prospective Umrah pilgrims and the Umrah travel agency. The negotiation process between prospective Umrah pilgrims and the Umrah travel agency must be in accordance with the principles of negotiation.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522010076 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 May 2023 02:33 |
Last Modified: | 03 May 2023 02:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198478 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AUFA FAJRUL HIKMAH.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |