Sukamto, Stefi Tamia and Dr. Ir. Hendro Prasetyo and Fitrotul Laili, (2022) Dampak Media Komunikasi Terhadap Intensitas Kunjungan Wisata Di Agrowisata Kebon Buah Naga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media komunikasi adalah salah satu media sebagai promosi suatu wisata, salah satunya Agrowisata, dengan keunggulan banyaknya agrowisata yang hadir akan membuat semakin tinggi juga persaingan antar perusahaan ini untuk menarik pengunjung sehingga agrowisata tersebut membutuhkan media promosi yang efektif dan efisien. Media promosi yang dilakukan oleh agrowisata pun beragam mulai dari konvensional (brosur, spanduk, tatap muka, dan lainnya) hingga media internet. Cara untuk melakukan efisiensi biaya promosi, dapat dilakukan dengan promosi melalui media internet. Namun saat ini Pihak Agrowisata Kebon buah naga belum menggunakan media sosial yang di miliki yaitu Facebook dan Instagram secara maksimal, seperti informasi mengenai agrowisata yang sudah lama tidak diperbaharui. Penelitian ini membahas Dampak Media Komunikasi Pemasaran Terhadap Intensitas Kunjungan Wisata di Agrowisata Kebon Buah Naga berdasarkan 3 indikator yaitu karakteristik pengunjung, penggunaan media komunikasi, dan intensitas kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi dan mengetahui karakteristik pengunjung di Agrowisata Kebon Buah Naga, (2) Mengidentifikasi dan mengetahui penggunaan media komunikasi Agrowisata Kebon Buah Naga, (3) Menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh karakteristik pengunjung dan media komunikasi terhadap intensitas kunjungan di Agrowisata Kebon Buah Naga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan analisis regresi berganda. Penentuan lokasi penelitian secara sengaja dan dilakukan pada bulan Oktober- November 2021. Jumlah responden sebanyak 57 orang yang ditentukan dengan rumus harry king. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pengunjung agrowisata memiliki karakteristik seperti Pengunjung di dominasi dengan wanita berusia 18-29tahun, pendidikan trakhir SMA sederajat, dan merupakan seorang mahasiswa dan yang berasal dari luar kota Yogayakarta. Penggunaan media konunikasi internet Instagram sangat berpengaruh dalam tingkat kunjungan pengunjung ke kebon buah naga dikarenakan informasi mengenai agrowisata yang terus diperbarui. Karakteristik pengunjung memiliki nilai koefisien sebesar 1.260 artinya terjadi hubungan yang linier antara karakteristik pengunjung dan intensitas kunjungan, bahwa setiap kenaikan pada karakteristik pengunjung akan meningkatkan intensitas kunjungn. Media komunikasi memiliki koefisien media komunikasi 0.058 artinya terjadi hubungan yang linier antara media komunikasi dan intensitas kunjungan, bahwa setiap pengembangan dalam penggunaan media komunikasi untuk promosi agrowisata akan meningkatkan intensitas kunjungan
English Abstract
Communication media is one of the media as a promotion of a tour, one of which is agro-tourism, with the advantages of the many agro-tourism that are present, it will also increase the competition between these companies to attract visitors so that agro-tourism requires effective and efficient promotional media. Promotional media carried out by agrotourism also vary from conventional (brochures, banners, face-to-face, and others) to internet media. The way to make promotion cost efficiency, can be done by promotion through internet media. However, at this time, the Agrotourism of Kebon dragon fruit has not used the social media that it has, namely Facebook and Instagram to the fullest, such as information about agro-tourism that has not been updated for a long time. This study discusses the Impact of Marketing Communication Media on the Intensity of Tourist Visits at Kebon Buah Naga Agrotourism based on 3 indicators, namely the characteristics of visitors, the use of communication media, and the intensity of visits. The aims of this study are (1) to identify and determine the characteristics of visitors in Kebon Buah Naga Agrotourism, (2) to identify and determine the use of communication media for agro tourism in Kebon Buah Naga, (3) to analyze and describe the effect of visitor characteristics and communication media on the intensity of visits in agro tourism. Dragon Fruit Garden. This study uses a quantitative approach. The data analysis method used is descriptive and multiple regression analysis. The location of the research was determined intentionally and carried out in October-November 2021. The number of respondents was 57 people who were determined by the Harry King formula. Methods of data collection is done by observation, questionnaires and documentation. The results of this study are agro-tourism visitors have characteristics such as agro-tourism visitors having characteristics such as being dominated by women aged 18-29 years, having a high school education equivalent, and being a student and coming from outside the city of Yogayakarta. The use of Instagram internet communication media is very influential in the level of visitor visits to the dragon fruit garden because information about agro-tourism is constantly updated. Characteristics of visitors have a coefficient value of 1,260 which meansthere is a linear relationship between the characteristics of visitors and the intensity of visits, that each increase in the characteristics of visitors will increase the intensity of visits. The communication media has a communication media coefficient of 0.058, meaning that there is a linear relationship between the communication media and the intensity of visits, that any development in the use of communication media for agro-tourism promotion will increase the intensity of visits
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040523 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 06:33 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 06:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198402 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Stefi Tamia Sukamto.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |