Analisis User Experience Pada E-Commerce Pertanian Segari Terhadap Miinat Beli Ulang Produk Sayur Dan Buah

Pratiwi, Sherlina and Ir. Edi Dwi Cahyono, and Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, (2022) Analisis User Experience Pada E-Commerce Pertanian Segari Terhadap Miinat Beli Ulang Produk Sayur Dan Buah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu dampak dari adanya pandemi adalah banyaknya pengusaha yang beralih dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran modern dengan menggunakan media digital untuk memasarkan produknya. Hal ini dikarenakan himbauan pemerintah mengenai work from home serta kebijakan mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah dengan tujuan untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 sehingga proses jual beli konvesional tidak dapat dilakukan secara langsung. Munculnya e-commerce, online shop, serta model bisnis online lainnya menjadi solusi bagi masyarakat yang memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya. Model penjualan online (e-commerce) bisa menjadi pilihan karena semakin banyak diminati konsumen pada masa pandemi. Munculnya berbagai macam e-commerce membuat persaingan pasar semakin ketat khususnya pada e- commerce pertanian yang membuat e-commerce Segari sebagai media perantara bagi penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi harus memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mencari dan membeli produk yang dibutuhkan. Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan pengguna yaitu dengan menganalisis pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu produk atau memakai sebuah layanan. Jika pengguna memiliki pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan maka akan menimbulkan minat beli ulang terhadap produk sayur dan buah di e- commerce Segari. Penelitian ini memiliki lima tujuan yaitu: (1) Mengidentifikasi jenis komoditas yang dijual di e-commerce Segari; (2) Mendeskripsikan pengalaman pengguna dalam membeli produk sayur dan buah di e-commerce Segari; (3) Mendeskripsikan minat beli ulang dari penggunaan e-commerce pertanian Segari dalam membeli produk sayur dan buah; (4) Menganalisis hubungan pengalaman pengguna terhadap minat beli ulang pada e-commerce pertanian Segari; (5) Menganalisis faktor- faktor terhadap minat beli ulang pada e-commerce pertanian Segari. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September sampai dengan Bulan Desember 2021. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan menggunakan google form. Berdasarkan perhitungan rumus penentuan sampel, penelitian ini membutuhkan minimal 100 responden dengan asumsi responden yang didapatkan akan melebihi jumlah tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan bantuan skala pengukuran yaitu skala likert, serta analisis regresi berganda, serta uji korelasi rank spearman. Pengalaman pengguna pada e-commerce Segari ditinjau dari beberapa indikator yaitu berdasarkan kebahagiaan, kemudahan pengguna, manfaat, dan latency. Berdasarkan hasil analisis indikator yang memiliki nilai tertinggi terdapat pada kemudahan pengguna yang memiliki nilai mean sebesar 4,19. Pada penelitian ini terdapat korelasi dan hubungan yang signifikan antara pengalaman pengguna dengan minat beli ulang dengan kategori sedang dengan nilai 0,527- 0,597. Pada penelitian ini konsumen memiliki minat beli ulang terhadap produk sayur dan buah di e-commerce Segari. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon konsumen yang melakukan pembelian sebanyak 2 kali dengan presentase skor 40%. Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang yang dilihat dari kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang sedangkan kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang. Maka dari itu, bagi e-commerce Segari agar terus dapat mempertahankan dan meningkatkan fitur- fitur yang terdapat pada website sehingga selalu dapat memudahkan konsumen dalam membeli dan mencari informasi terhadap produk, serta dapat selalu mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan sehingga konsumen merasa puas dan melakukan pembelian ulang. Bagi penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian terkait perbandingan pengalaman pengguna antar berbagai macam e-commerce pertanian, untuk mengetahui e-commerce pertanian mana yang paling diminati dan sering digunakan oleh konsumen.

English Abstract

During the pandemic, many entrepreneurs switched from conventional marketing to modern marketing using digital media to market their products. It is happened due to the government's appeal regarding work from home as well as policies regarding Large-Scale Social Restrictions (PSBB) which require people to stay at home with the aim of reducing the risk of spreading the Covid-19 virus so that the conventional buying and selling process cannot be carried out directly. The appearance of e-commerce, online shops, and other online business models can be solution for people to fulfill their needs easily. The online sales model (e- commerce) can be an option because of the increasing consumer demand during this pandemic. The appearance of various kinds of e-commerce has made market competition tougher, especially in agricultural e-commerce, which makes Segari e- commerce as an intermediary medium for sellers and buyers in making transactions easier for consumers to find and buy the products they needed. One of the way to find out about user needs is by analyzing user experience in using a product or using a service. If users have a pleasant and satisfying experience, it will generate interest in repurchasing vegetable and fruit products in the Segari e-commerce. This research has five objectives, that are: (1) Identify buying and selling activities in e-commerce Segari; (2) Describe the user experience in buying vegetable and fruit products in the Segari e-commerce; (3) Describe the repurchase interest of using Segari agricultural e-commerce in buying vegetable and fruit products; (4) Analyze the relationship of user experience on repurchase interest in Segari agricultural e-commerce; (5) Analyze of factors that influence repurchase interest in Segari agricultural e-commerce This research uses a quantitative approach supported by qualitative data with descriptive survey research methods. This research will be conducted from September to December 2021. This research will be conducted by distributing online questionnaires using a google form. Based on the calculation of the sample determination formula, this research requires a minimum of 100 respondents with the assumption that the amount of respondents will exceed that number. This research uses the descriptive statistical analysis as the data analysis technique and supported with likert measurement scale, multiple regression analysis, and Rank Spearman correlation test. User experience in e-commerce Segari is viewed from several indicators, there are happiness, task success, earning, and latency. Based on the results of the analysis, the indicator that has the highest value is in the ease of use, which has a mean value of 4.19. In this study, there is a significant correlation and relationship between user experience and repurchase interest in the medium category. In this research result , consumers have an interest in repurchasing vegetable and fruit products in e-commerce Segari. This can be seen from the number of consumer responses that make purchases 2 times or more. Based on the factors that influence repurchase interest including service quality, product quality, and price have a positive and significant influence partially and simultaneously on repurchase interest. Therefore, for e-commerce Segari can maintain and improve the features on the website so that it can make it easier for consumers to buy and find information on products, and can maintain and improve the quality of products and services so that consumers will be satisfied and make repeat purchases. For further research, research can be carried out regarding the comparison of user experience between various kinds of agricultural e-commerce, to find out which agricultural e- commerce is most in demand and often used by consumers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040515
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:25
Last Modified: 18 Apr 2023 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198370
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHERLINA PRATIWI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item