Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Perusahaan PT. Jongka Indonesia).

Octavian, Hanif Annabil and Lusy Deasyana Rahma Devita, S.AB., M.AB. (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Perusahaan PT. Jongka Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mencapai penjualan produk yang optimal, perusahaan-perusahaan memiliki strategi pemasaran tersendiri untuk mencapai hal tersebut. Strategi tersebut dapat melalui Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation dan Direct Marketing. Personal Selling merupakan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan cara bertemu langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan, menginformasikan, serta mempromosikan suatu produk agar pembeli memiliki pemahaman mengenai produk tersebut sehingga pembeli tertarik dan diharapkan terjadinya sebuah keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian dari bronjong kawat PT. Jongka Indonesia. Jenis peneltian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk (X1), Personal Selling (X2) dan Keputusan Pembelian (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, dengan teknik sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kepada 82 responden yang pernah melakukan pembelian bronjong kawat di PT. Jongka Indonesia minimal 1 kali pada tahun 2019 serta pernah mendapatkan penawaran secara langsung dari Marketing PT. Jongka Indonesia untuk membeli produk Bronjong Kawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) dan Personal Selling (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) bronjong kawat PT. Jongka Indonesia sebesar 57,7 %. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) dan Personal Selling (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

In order to achieve optimal product sales, each company has its own marketing strategy to achieve that. The strategy can be through Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relations and Direct Marketing. Personal Selling is a marketing communication strategy that is carried out by meeting personally between sellers and buyers to introduce, inform, and promote a product so that buyers have an understanding of the product and also interested then expected to make a purchase decision. The purpose of this study is to identify and explain the influence of product quality and personal selling on purchasing decisions from PT. Jongka Indonesia gabion wire. The type of research that used in this thesis is explanatory research with quantitative method. The variables used in this research are Product Quality (X1), Personal Selling (X2) and Purchasing Decision (Y). The sampling technique used in this study is probability sampling using simple random sampling data collection technique. Data collection was obtained by distributing online questionnaires to 82 respondents who have purchased PT. Jongka Indonesia gabions wire at least one time in the year of 2019 and has received offers personally to buy gabion wire from PT. Jongka Indonesia marketer. The results of this research showed that the variabels of Product Quality (X1) and Personal Selling (X2) simultaneously had an effect on Purchasing Decision (Y) by 57.7%. The results of this research also show that the variabels of Product Quality (X1) and Personal Selling (X2) partially affect Purchasing Decision (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030400
Uncontrolled Keywords: Kualitas Porduk, Personal Selling, Keputusan Pembelian, Product Quality, Personal Selling, Purchasing Decisions
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:07
Last Modified: 17 Apr 2023 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198345
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HANIF ANNABIL OCTAVIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item