Larissa, Sherlie Gabriella and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MP, MBA (2022) Pengaruh Review Content Creator dan Sikap Konsumen terhadap Purchase Intention Pada Produk Ngikan Diantara Generasi Y dan Z. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis sektor makanan kian hari semakin kompetitif dan dianggap sebagai salah satu pasar konsumen yang tumbuh paling cepat. hal ini membuat perusahaan membutuhkan strategi yang tepat serta hubungan yang baik dengan konsumen agar dapat memenangkan persaingan. Pada tahun 2019 terdapat 196,71 juta dari 266,91 juta jiwa penduduk Indonesia sudah menggunakan internet untuk kegiatan sehari-hari. Pengguna internet paling sering menggunakan media sosial untuk kegiatan mencari informasi, komunikasi lewat pesan, memanfaatkan layanan perbankan, hiburan dan belanja online. Fenomena peningkatan jumlah pengguna media sosial di Indonesia ini telah mendorong perusahaan-perusahaan lokal untuk semakin terlibat dengan content creator media sosial, khususnya creator food vlogger untuk mendukung produk dan merek mereka. Ngikan merupakan salah satu merek makanan yang sudah banyak direview oleh content creator. Pada bulan pertama dibukanya Ngikan, restoran ini mendapat respon yang positif oleh konsumen. Dengan menggunakan Rachel Vennya dan Okin sebagai brand ambassador mereka, munculnya Ngikan ini menjadi viral dan menjadi bahan perbincangan masyarakat khususnya di media sosial instagram. Namun berdasarkan pengamatan peneliti dibeberapa gerai restoran Ngikan termasuk restoran Ngikan di daerah Tebet, Jakarta, peneliti tidak lagi melihat adanya antusias masyarakat seperti awal pembukan restoran. Fenomena ini menjadi celah bagi peneliti untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh content creator terhadap sikap konsumen , pengaruh content creator terhadap minat pembelian pada produk Ngikan, pengaruh sikap konsumen terhadap minat pembelian pada produk Ngikan, serta pengaruh content creator terhadap minat pembelian pada produk Ngikan yang dimediasi oleh sikap konsumen. Penelitian dilaksanakan selama Juni - Juli 2022 menggunakan daerah penelitian wilayah Indonesia. Penelitian menggunakan metode ekslanatori serta metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 115 responden yang merupakan pengikut instagram Ngikan dan pengikut instagram content creator yang berusia lebih dari 17 tahun, pernah melihat salah satu content creator mereview produk Ngikan dan pernah melakukan pembelian produk Ngikan dalam kurus waktu 1,5 tahun terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis data WarpPLS SEM Method dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Content Creator berpengaruh signifikan terhadap Sikap konsumen, Content Creator berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention baik secara langsung maupun tidak langsung, Sikap Konsumen juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Content creator memiliki pengaruh yang paling efektif dalam meningkatkan purchase intention baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Sikap Konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa persuasi atau pengaruh dari orang lain sebagai bentuk persetujuan atau pengakuan yang akan mempengaruhi konsumen untuk memperlihatkan apa yang konsumen ingin amati dalam meningkatkan sikap positif mereka terhadap content creator sehingga dapat meningkatkan purchase intention pada produk Ngikan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti keputusan pembelian, loyalitas, maupun kepuasan pembelian dan mendapat rentang usia lebih luas. Saran untuk pelaku usaha Ngikan yaitu memperhatikan penggunaan content creator diikuti penciptaan sikap konsumen yang baik untuk meningkatkan purchase intention terhadap Ngikan.
English Abstract
The food sector business competition is increasingly competitive and is considered one of the fastest growing consumer markets. This makes companies need the right strategy and good relationships with consumers in order to win the competition. In 2019, 196.71 million of the 266.91 million Indonesians used the internet for daily activities. Internet users most often use social media for activities to find information, communicate via messages, take advantage of banking services, entertainment and online shopping. This phenomenon of increasing the number of social media users in Indonesia has encouraged local companies to be more involved with social media content creators, especially food vlogger creators to support their products and brands. Ngikan is a food brand that has been widely reviewed by content creators. In the first month of Ngikan's opening, this restaurant received a positive response from consumers. By using Rachel Vennya and Okin as their brand ambassadors, the emergence of Ngikan has become viral and has become the subject of public discussion, especially on social media Instagram. However, based on the observations of researchers at several Ngikan restaurant outlets, including the Ngikan restaurant in the Tebet area, Jakarta, researchers no longer see the enthusiasm of the community as the beginning of the restaurant opening. This phenomenon is a gap for researchers to analyze and describe the influence of content creators on consumer attitudes, the influence of content creators on buying interest in Ngikan products, the influence of consumer attitudes on buying interest in Ngikan products, and the influence of content creators on buying interest in Ngikan products mediated by consumer attitudes. The research was carried out during June - July 2022 using the research area of Indonesia. This research uses explanatory method and survey method with quantitative descriptive approach. This study uses a non-probability sampling technique with purposive sampling. The sample in this study amounted to 115 respondents who are followers of Ngikan's Instagram and followers of Instagram content creators who are more than 17 years old, have seen a content creator review Ngikan's products and have purchased Ngikan products in the last 1.5 years. The data collection method used a questionnaire with a Likert scale. This study was analyzed using the WarpPLS SEM Method data analysis method and descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that Content Creator has a significant effect on consumer attitudes, Content Creator has a significant effect on Purchase Intention either directly or indirectly, Consumer Attitudes also has a significant influence on Purchase Intention. Content creators have the most effective influence in increasing purchase intention, either directly or indirectly through consumer attitudes. This shows that persuasion or influence from others as a form of social validation will influence consumers to show what consumers want to observe in increasing their positive attitude towards content creators so as to increase purchase intention on Ngikan products. In future research is expected to examine purchasing decisions, loyalty, as well as purchase satisfaction and get a wider age range. Suggestions for Ngikan business actors are to pay attention to the use of content creators followed by the creation of good consumer attitudes to increase purchase intention towards Ngikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080332 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:13 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198219 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sherlie Gabriella Larissa.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |