Model Preferensi Pengguna Kendaraan Rute Solo – Kertosono Melalui Tol dan Non Tol

Akbar, Muhammad Kemal and Nailah Firdausiyah, ST., MT., Ph.D and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP (2022) Model Preferensi Pengguna Kendaraan Rute Solo – Kertosono Melalui Tol dan Non Tol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan tol merupakan salah satu yang diperuntukan oleh kendaraan bersumbu dua atau lebih (mobil, bus, truk) dengan tujuan untuk mempersingkat jarak & waktu tempuh dibandingkan dengan jalan utama non tol (BPJT, 2017). Mengetahui faktor – faktor preferensi dari para pengguna kendaraan dalam memilih Jalan Tol Solo – Kertosono menjadi hal yang penting untuk diketahui terbuka. Preferensi berdasarkan faktor antara jalan tol serta jalan utama non tol dari Solo (Kota Surakarta) menuju Kertosono (Kabupaten Nganjuk) dipilih karena berdasarkan pengamatan, terdapat penurunan tingkat kualitas jalan utama non tol yang dikarenakan kurangnya perawatan secara berkala sehingga turut mempengaruhi preferensi pengguna kendaraan dalam memilih rute perjalanan tol maupun non tol. Hal tersebut terlihat karena terjadinya penurunan jumlah kendaraan golongan I yang melintasi jalan utama non tol dalam kurun waktu Agustus 2019 hingga Februari 2020 sebesar 35%. Preferensi pengguna kendaraan, baik yang melintasi jalan tol maupun non tol menjadi fokus utama studi yang ditentukan dengan perhitungan regresi linier berganda & skoring. Setelah mengetahui faktor yang menjadi preferensi pengguna kendaraan dalam memilih rute perjalanan dari Solo menuju Kertosono, dilakukan perhitungan diversi arus kendaraan untuk mengetahui besaran selisih jarak & waktu tempuh perjalanan antara kedua rute jalan tersebut.

English Abstract

Toll road is one of the roads designated by two or more axle vehicle (cars, buses, trucks) with the aim of shortening the distance & travel time compared to the main non-toll main roads (BPJT, 2017). Knowing the preference factors of vehicle users in choosing the Solo - Kertosono Toll Road is important to be aware of. The route selection between toll roads and main non-toll roads from Solo (Surakarta City) to Kertosono (Nganjuk Regency) was chosen because based on observations, there was a decrease in the quality level of non-toll main roads due to lack of periodic maintenance, thus affecting the preferences of vehicle users in choosing routes toll and non-toll travel. This can be seen due to a 35% decrease in the number of class I vehicles crossing main non-toll roads between August 2019 and February 2020. The preferences of vehicle users, both crossing toll roads and non-toll roads, are the main focus of this research which is determined by the calculation of the multiple linear regression scoring. After knowing the factors that become the preferences of vehicle users in choosing the route from Solo to Kertosono, the vehicle flow diversion calculation is carried out to determine the difference between the distance & travel time between the two routes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070368
Uncontrolled Keywords: Model Preferensi, Karakteristik Pengguna, Regresi Linier Berganda. .- Preference Model, Physical Characteristic, Multiple Linear Regression.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:50
Last Modified: 11 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Kemal Akbar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item