Arba’in, Ma’arifat and Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng.,Ph.D., IPU and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D., IPU (2022) Pemodelan Perbaikan Kinerja Pelayanan Angkutan Penyeberangan pada Pelabuhan Nusantara Kendari. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Angkutan penyeberangan merupakan salah satu moda transportasi yang paling diminati untuk berpergian dalam tujuan menyeberang pulau. Kinerja operasional angkutan penyeberangan sangat ditentukan dengan kepuasan penumpang dengan mengacu pada kualitas layanan. Kualitas pelayanan merupakan tingkatan kondisi baik buruknya sajian yang diberikan oleh penyedia jasa Angkutan Penyebrangan dalam rangka memuaskan penumpang. Angkutan penyeberangan pada pelabuhan nusantara kendari pada saat ini mengalami penurunan kinerja dan kalah bersaing dengan pelabuhan ferry torobullu. Banyaknya penumpang yang berpindah sehingga pelabuhan nusantara kendari mengalami penurunan kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang sangat berpengaruh terhadap penurunan kinerja pelayanan dan cara memperbaikinya sehingga menarik kembali minat penumpang untuk menggunakan kembali angkutan penyeberangan. Metode penelitian menggunakan metode customers satisfaction index (CSI) dan metode stated preference (SP). yang dimana metode CSI digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pengguna jasa angkutan penyeberangan variabel mengecu pada skala SERVQUAL yang didalamnya terdapat lima dimensi yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan berwujud. Sedangkan metode stated preference (SP) digunakan untuk menentukan model yang mengacu pada dua atribut paling sensitif terhadap pemilihan moda yaitu atribut waktu dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan standar pelayanan utama yang perlu diperbaiki yaitu layanan yang tepat waktu, staf pelabuhan yang cepat tanggap, pelayanan refund/reshedule, layanan khusus untuk penyandang disabilitas, dan ruang kesehatan ketika terjadi keadaan darurat. Berdasarkan atribut model state preferensi, atribut waktu lebih sensitif terhadap preferensi pelanggan terhadap Kapal Cepat. Alasan utama konsumen menggunakan Kapal Cepat juga lebih dominan karena alasan waktu dibanding biaya perjalanan. Oleh karena penting bagi pihak manajemen Pelabuhan Nusantara untuk berkomitmen mewujudkan ketepatan jadwal pemberangkatan dan kedatangan. Sedangkan atribut biaya perjalanan tidak begitu sensitif terhadap state preferensi. Akan tetapi biaya perjalanan menjadi alasan utama konsumen memilih Kapal Ferry. Hal ini penting juga bagi pihak manajemen untuk melihat ulang tarif penyebrangan Kapal Cepat yang disediakan oleh Pelabuhan Nusantara.
English Abstract
Crossing transportation is one of the most popular modes of transportation for traveling to cross the island. The operational performance of crossing transport is largely determined by passenger satisfaction concerning the quality of service. The quality of service is a level of the good and bad condition of the presentation provided by the Crossing Transportation service provider to satisfy passengers. Crossing transportation at the Nusantara kendari port is currently experiencing a decline in performance and is not competing with the torobullu ferry port. A large number of passengers moved so that the archipelago port of Kendari experienced a decrease in performance. The purpose of this study is to find out what factors greatly influence the decline in service performance and how to improve it to attract passengers to reuse crossing transportation. The research method uses the customer satisfaction index (CSI) method and the stated preference (SP) method. The CSI method is used to determine the level of satisfaction of users of the spur variable crossing transportation service on the SERVQUAL scale in which there are five dimensions: reliability, responsiveness, guarantee, empathy, and tangible. While the stated preference (SP) method is used to determine a model that refers to the two attributes most sensitive to mode selection, namely the time and cost attributes. The results showed that the main service standards that need to be improved are timely services, fast-responding port staff, refund/reschedule services, special services for people with disabilities, and health rooms when an emergency occurs. The time attribute is more sensitive to the customer's preference for Fast Boats based on the state model attribute. The main reason consumers use Fast Boats is also more dominant is due to time reasons than travel costs. Therefore, the management of Pelabuhan Nusantara needs to be committed to realizing the accuracy of departure and arrival schedules. Whereas the travel cost attribute is not so sensitive to the state of preference. However, travel costs are the main reason consumers choose the Ferry. It is also important for the management to review the fast ship crossing tariffs provided by Nusantara port.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422070021 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Skala SERVQUAL, Customers Satisfaction Index, Stated Preference .- Quality of Service, SERVQUAL Scale, Customers Satisfaction Index, Stated Preference |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:32 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198087 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ma`arifat Arba`in.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |