Heriyan, Raden Yaser and Tiwi Nurjannati, S.Pi, MM (2022) Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vanamei (Litopenaeus vannamei sp) Di Pala Shirmp Farm Di desa Pangubaian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu Dengan Metode BMC Dan SWOT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Udang merupakan salah satu komoditas sektor perikanan yang paling diminati dan memiliki nilai jual yang tinggi, baik di pasar domestik maupun internasional. Terkait dengan permintaan pasar yang semakin meningkat dari partial 1 hingga partial 6 pada udang vename, diperlukan pengembangan pada usaha budidaya udang vename. Pengembangan perusahaan ditentukan dengan kemampuan membangun strategi. Strategi usaha yang dijalankan oleh perusahaan tidak akan dapat berjalan maksimal jika tidak didasari oleh pengkajian dan perumusan model bisnis yang tepat. Penggunaan Business Model Canvas dapat memberikan gambaran mengenai model bisnis perusahaan dan hubungan yang terjadi antar-blok dengan cara yang lebih atraktif. BMC terdiri dari sembilan elemen yaitu Customer Segments, Value Proportion, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Setelah mengetahui elemen-elemen bisnis penting tersebut, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SWOT. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis Business Model Canvas yang saat ini sedang dijalankan dan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis di Palapa Shrimp Farm Di Desa Pangubaian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu menggunakan metode Business Model Canvas dan SWOT. Penelitian ini dilakukan di usaha budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei sp) (Litopenaeus Vannamei (Litopenaeus vannamei sp)) Di Palapa Shrimp Farm Di Desa Pangubaian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi, Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan BMC dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Business Model Canvas (BMC) pada Palapa Shrimp Farm terdiri dari Customer Segment, Value Proposition, dalam usaha ini, proporsi nilai yang dilihat dari udang yaitu dengan meningkatkan dan mempertahankan kualitas udang dan menstabilkan harga yang diberikan, kepada pelanggan; Channels menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memantau perkembangan sasaran target penjualan, terus mengevaluasi dan menyesuaikan tujuan anda seiring waktu dan inovasi. Selain itu juga langsung mendatangi lokasi penjualan demi menjalin komunikasi yang lebih baik; Customer Relationship, memanfaatkan komunikasi menggunakan Whatsapp dalam treat konsumen untuk memantau dan berkomunikasi agar terjalin akrab. Revenue Streams, arus pendapatan usaha ini hanya pada penjualan udang Vannamei (Litopenaeus vannamei sp) saja. Key Resource, terdiri dari tambak, gudang pakan dan obat, saluran IPAL, mess dan office, ruang genset dan kelistrikan, rumah panen, saluran output menuju IPAL, ruang pompa air laut. Lalu sumber daya yang dimiliki juga banyak yaitu Investor, External (Humas), General manager, Komisaris, Kepala Teknisi, Manager Umum, Asisten Teknisi Tambak, Kepala Mekanik, Kepala Security, Anggota Mekanik, Anak Kolam dan Security. Key Activities, terdiri dari perencanaan keuangan, teknis, tenaga kerja, dan pemasaran. Perencanaan keuangan yang dilakukan yaitu dengan merencanakan sumber dana yang akan dipakai untuk melaksanakan usaha. Setelah merencanakan sumber dana, maka selanjutnya merencanakan pengalokasian dana untuk pengadaan input dengan optimal yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan output yang optimal. Sehingga dengan optimalnya output yang dihasillkan dapat memperoleh keuntungan yang besar dan dapat dialokasikan sebagai investasi untuk memperluas usaha. Key Partnership, memiliki partner dengan supplier bahan baku yaitu PT. CP Prima yang khusus menyediakan benih udang. Cost Structure, Biaya tetap yang dikeluarkan pada usaha ini meliputi penyusutan, perawatan, listrik, dan gaji karyawan. Biaya variabel pada secara keseluruhan meliputi bahan baku, obat-obatan dan probiotik, pakan udang. Modal tetap yang dimiliki yaitu lokasi usaha, ginset, kincir, pompa ebara, pompa submersible, gudang pakan, rumah ginset, rumah karyawan, rumah panen, rumah pompa. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Palapa Shirmp direkomendasikan untuk memaksimalkan kekuatan serta memanfaatkan peluang. Adapun strategi yang diperoleh adalah menjaga hubungan baik dengan karyawan dan warga sekitar untuk menjalin relasi yang lebih baik, menjaga dan mempertahankan konsumen potensial dengan mempertahankan harga yang stabil, mempetahankan menjaga kualitas produksi dengan memanfaatkan finansial dan teknologi unggulan serta sosial media. Secara konkrit hasil dari pengembangan usaha tersebut sejumlah Rp 50.000 di PT. CP Prima untuk di impor, Sedangkan aspek finansial, modal kerja sejumlah Rp 1.436.513.483, dengan total biaya Rp 1.029.902.605, dan pendapatan Rp. 3.045.019.059, keuntungan Rp. 1.436.513.483 pada usaha Palapa Shirmp hasil panennya langsung di distribusikan kepada PT. CP Prima untuk diimpor. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BMC pada Palapa Shrimp menggambarkan sembilan blok yang meliputi key resources, key activities, key partnership, customer relationship, customer segment, value proposition, channel, revenue stream, cost structure yang unik. Dari hasil analisis SWOT direkomendasikan perusahaan tersebut untuk menjalankan strategi pengembangan agresif melalui dengan menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang untuk mencapai tujuan. Perusahaan disarankan untuk menjaga hubungan baik dengan karyawan dan pelanggan, memperluas jaringan pada pemasok bahan baku, mengefisienkan penggunaan biaya bahan tidak tetap.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080320 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:00 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198028 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
RADEN YASER HERIYAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |