Model Prediksi Kecelakaan Sepeda Motor Pada Jalan Nasional Ruas 094-098 (Surabaya – Malang)

Putri, Friska Feronica Bn and Dr.Ir.Muhammad Zainul Arifin, MT, MT. and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D., IPU, MSCE., Ph.D., IPU (2022) Model Prediksi Kecelakaan Sepeda Motor Pada Jalan Nasional Ruas 094-098 (Surabaya – Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor diimbangi pula dengan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas. Seperti diketahui, kecelakaan lalu lintas pada dasarnya bergantung pada empat faktor yang saling terkait: perilaku manusia, efisiensi kendaraan, kondisi lingkungan, dan karakteristik infrastruktur. Namun, sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh tiga faktor pertama, hampir selalu karena perilaku pengguna yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan perilaku sosial ekonomi pengendara sepeda motor terhadap intensitas kecelakaan. Lokasi penelitian berada di Jalan Nasional Pandaan-Purwosari Kabupaten Pasuruan Seksi 094 098 (Surabaya-Malang). Survey dilakukan dengan metode survey wawancara dan kuesioner dengan purposive sampling, dengan jumlah responden tiga ratus empat puluh responden adalah pengendara sepeda motor yang pernah mengalami kecelakaan diruas jalan ini, Metode penelitian yang digunakan adalah—analisis data menggunakan Structure Equation Modeling (SEM), dengan software SmartPLS (Partial Least Square). Hasil pemodelan kecelakaan Y=0.299X1+0.154X2+0.077X3+0.554X4. Pengaruh terbesar pertama terhadap peluang terjadinya kecelakaan adalah karakteristik perilaku berkendara (X4) melebihi kecepatan (X4.10). Semakin sering pengendara melebihi tingkat, semakin tinggi kemungkinan kecelakaan. Pengaruh paling signifikan kedua dari karakteristik sosial ekonomi (X1) adalah indikator usia (X1.2), semakin banyak mobilitas di usia produktif, semakin tinggi risiko kecelakaan. Perlunya perhatian lebih dari instansi terkait untuk menurunkan angka kecelakaan, seperti melakukan penyuluhan terkait pentingnya keselamatan berkendara, memberi tanda daerah rawan kecelakaan dan menambah spanduk peringatan untuk tidak melebihi kecepatan saat berkendara.

English Abstract

The number of motorized vehicles, especially motorcycles, is also offset by increased traffic accidents. As is known, road accidents essentially depend on four interrelated factors: human behavior, vehicle efficiency, environmental conditions, and the characteristics of the infrastructure. However, most accidents are attributable to the first three factors, almost always to improper user behavior. This study aims to determine motorcyclists' socio-economic characteristics and conduct on the intensity of accidents. The research location is on the Pandaan-Purwosari National Road, Pasuruan Regency, Section 094-098 (Surabaya-Malang). Three hundred forty respondents are motorcyclists who have experienced accidents in this segment. The research method is interviews and questionnaires—data analysis using Structure Equation Modeling (SEM), with software SmartPLS (Partial Least Square). The result of accident modeling Y=0.299X1+0.154X2+0.077X3+0.554X4. The first biggest influence on the chance of an accident is the characteristics of driving behavior (X4) exceeding speed (X4.10). The more often the rider exceeds the rate, the higher the chance of an accident. The second most significant influence of socio-economic characteristics (X1) is the age indicator (X1.2), the more mobility in the productive age, the higher the risk of accidents. More attention is needed from relevant agencies to reduce the number of accidents, such as counseling on the importance of driving safety, marking accident-prone areas, and adding warning banners not to exceed driving speed

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422070016
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, pengendara sepeda motor, perilaku, karakteristik demografi, Structural Equation Modeling (SEM), Jalan Nasional Pandaan-Purwosari. .- Traffic accidents, motorcyclist, behavior, demographics characteristics, Structural Equation Modeling (SEM), SmartPLS (Partial Least Square).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:29
Last Modified: 05 Apr 2023 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197976
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
friska feronica.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)
[thumbnail of friska feronica.pdf] Text
friska feronica.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item