Paru, Helena Merdekaria Bhiju and Prof Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS and Imaniar Ilmi Pariasa, SP., MP., M.BA (2021) Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Makanan Terhadap Store Loyalty Dengan Store Satisfaction Sebagai Mediator Pada Restoran Wssp Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan pariwisata di Yogyakarta memberi dampak bagibisnis kuliner, dimana bisnis dibidang kuliner menjadi usaha yang menjanjikan.Akibatnya banyak usaha kuliner baru yang muncul, dan membentuk persaingan. Persaingan yang terjadi membuat loyalitas menjadi komponen penting dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Loyalitas dapat dipengaruhi oleh Atmosphere, Kualitas makanan dan Store Satisfaction. Upaya yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh kepuasan serta loyalitas konsumen menjadi hal yang penting untuk diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di Restoran WSSP Yogyakarta, salah satu restoran yang menawarkan makanan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menganalisis pengaruh Store Atmosphere dan kualitas makanan terhadap Store Loyalty, (2) menganalisis pengaruh Store Atmosphere dan kualitas makanan terhadap Store Satisfaction, (3) menganalisis pengaruh Store Atmosphere dan kualitas makanan terhadap Store Loyalty dengan Store Satisfaction sebagai mediator. Metode penetuan sampel yang digunakan yaitu non probability samplinng, dengan jumlah responden yaitu 97 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini yaitu Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Store Loyalty dengan nilai keofisien jalur 0,27 dan ρ value ˂0,01. Indikator General interior merupakan indikator paling penting pada Store atmosphere, tepatnya pada aspek desain interior. Keunikan alat makan yang digunakan memberi kesan tersendiri bagi konsumen sehingga konsumen loyal dan bersedia untuk melakukan kunjungan kembali. Kualitas makanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Store Loyalty dengan nilai koefisien jalur 0,25 serta ρ value ˂0,01. Faktor paling berpengaruh pada kualitas makanan yaitu variasi makanan. Variasi menu yang beragam pada WSSP mampu memenuhi selera konsumen dan mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan kunjungan kembali serta merekomendasikan WSSP pada orang lain. Store Atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap store satisfction dengan nilai koefisien jalur 0,45 serta ρ value ˂0,01. Kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Store Satisfaction dengan nilai koefisien jalur 0,35 serta ρ value ˂0,01. Indikator pada Store Satisfaction yaitu attitude related to service yang merupakan sikap yang ditunjukan pelayan saat konsumen menghadapi kendala seperti kesulitan menemukan tempat atau mengalami kendala ketika menikmati makanan. Pengalaman yang diterima konsumen selama pelayanan menimbulkan kesan positif dan beroengaruh pada kepuasan. Store Satisfactionmemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Store Loyalty dengan ρ value ˂0,01 dan koefisien jalur 0,39. Store Satisfaction memediasi ii hubungan antara Store Atmosphere dengan Store Loyalty dengan nilai koefisien jalur 0,180 dan ρ value 0,005. Store Satisfaction juga memediasi hubungan antara kualitas makanan dan Store Loyalty dengan nilai koefisien jalur 0,138 dan ρ value 0,025. Konsumen merasa puas dengan Store Atmosphere yang terbentuk di WSSP juga pada kualitas makannya yang mebuat konsumen menjadi loyal terhadap WSSP. Loyalitas konsumen yang muncul ditunjukan dari minat konsumen untuk mengunjungi kembali, kesan positif serta kesediaan untuk merekomendasikan pada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa saran untuk WSSP terkait Store Atmosphere serta kualitas makana. Adapun saran untuk WSSP yaitu: (1) WSSP perlu mempertimbangkan untuk menambah jumlah karyawan dibagian operasional, yang dapat dilakukan dengan memindahkan staf dari WBD sehingga pelayanan yang dilakukan bisa lebih cepat, (2) Pihak WSSP sebaiknya menempatkan pelayan dibagian belakang area makan, untuk memudahkan pelayanan, (3)Penempatan serta ukuran papan petunjuk toilet perlu diperhatikan, sebaiknya ukurannya dibuat lebih besar, (4) Kualitas makanan yang sudah ada perlu dijaga, terutama pada rasa pedas yang menjadi ciri khas restoran, serta variasi yang sangat beragam.
English Abstract
The culinary business has a great opportunities especially in Yogyakarta. The phenomenon was caused by consumer behavior and the growth of the tourism sector in Yogyakarta. Consequently a lot of culinary business comes up and creating competition. Loyalty become an important element for business sustainability. Loyalty can be influenced by Atmosphere, good quality of food and satisfaction. Efforts by company to improve satisfaction and loyalt are important and will needed to be researched. This study was located in WSSP Yogyakarta, a restaurant that offers Indonesian food. The purpose of this study are:(1) to analyze the influence of stores Atmosphere and food quality on stores loyalty, (2) to analyze the influence of the Store Atmosphere and the quality of foods on Store Satisfaction, (3) to analyze the influence of the Store Atmosphere and the quality of foods on Store Loyalty with stores satisfaction as a mediators. The sampling method used non probability sampling, with the number of respondents are 97. The data-gathering technique for this study is by observation, interview and dissemination of questionnaires. Data analysis use Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with a WarpPLS 7.0 application. The result of this study found that the Store Atmosphere has a positive and significant influence on Store Loyalty, with path coefficient 0.27 and ρ value ˂0,01.The general of the interior is the most important indicator of the store atmosphere, particularly interior design. The unique eating utensils used make the consumer feel more loyal and willing to make return visits. Food quality has a positive and significant effect on Store Loyaltyalso, with a path coefficient 0.25 andρ value ˂0,01. The most influential factor in the quality of food is the variety of food. The WSSP's variety of menus is able to meet consumer preferences and influence the customer's decision to make return visits and recommend WSSP to others. Store Atmosphere has a positive and significant impact on stores satisfction with a path coefficient 0.45 andρ value ˂0,01. Food quality has a positive and significant impact on Store Satisfaction with a path coefficient 0.35 and ρ value ˂0,01. Attitude related to service is an attitude that servants point out when the consumer faces obstacles such as difficulty in finding a seat or another obstacle. Experiences received by consumers during the ministry leave a positive impression and an berate to satisfaction. Store Satisfaction has a positive and significant influence on Store Loyalty, with path coefficient 0.39 and ρ value ˂0,01. The relationship between stores Atmosphere and Store Loyaltymediated by Store Satisfaction with path coefficient 0.180 andρ value 0,005. The relationship between food quality and Store Loyalty also mediated by Store Satisfactionwith a path coefficient 0.138 and ρ value 0,025. Consumer feel satisfied with the stores atmosphere built in WSSP and also the eating quality that makes the consumer loyal to the WSSP. Increased customer iv loyalty indicated by customer interest in revisit, positive impressions and a willingness to recommend to others. According to the result of this study, there are some suggestions for WSSP to improve their Atmosphere and the quality of food. These are some suggestion for WSSP:(1) WSSP should consider adding personnel to each shift, it could be done by moving some staff from WBD to operations, so that the service can be done more quickly, (2) WSSP need to consider placing staff at a certain point like the back of the feeding area, It is hoped that such placement would make the service easier, (3) WSSP needs to pay attention to the placement and size of the room signboard such as signboard for toilet, tt is better to make it bigger, so the signboard could be visible to the consumer, (4) WSSP needs to maintain its food quality especially in flavor and the variety of the menu, it is because the flavor and the variety of food are the unique value of the WSSP Restaurant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040313 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197972 |
![]() |
Text
Helena.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |