Firdania, Auditra Humaira and Prof. Dr. Ir. Qomariyatus Sholihah, ST., M.Kes., IPU., ASEAN Eng (2022) Analisis Strategi Pengembangan Usaha The Bounz Bakery Dengan Menggunakan Matriks SWOT dan IE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha The Bounz Bakery merupakan salah satu usaha bakery di Indonesia yang terletak di Tangerang Selatan. Kebutuhan masyarakat akan makanan alternatif yang praktis menjadikan The Bounz Bakery memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka usaha. Produk yang dijual di The Bounz Bakery yaitu roti manis dan kue kering. Pada April 2021 – Maret 2022 terjadi penurunan pendaptan dan tidak terpenuhinya target serta masih terdapat ketidakpastian ketersediaan bahan baku dari pemasok. Penelitian ini menggunakan matriks SWOT, matriks IE (Internal External), dan Quantitative Strategic Planning Matrix untuk melakukan perumusan strategi yang ada pada usaha. Tahapan pertama yang dilakukan pada penelitian yaitu input stage dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal pada usaha serta mengolahnya dengan menjadikan matriks Internal Factor Evaluation dan matriks External Factor Evaluation. Selanjutnya data tersebut akan dijadikan sebagai acuan pada matching stage menggunakan matriks SWOT dan matriks IE. Tahap terakhir yang dilakukan yaitu decision stage atau tahap pengambilan keputusan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan strategi yang paling direkomendasikan untuk usaha The Bounz Bakery. Setelah diidentifikasi, terdapat 19 faktor internal dan 15 faktor eksternal yang mempengaruhi usaha. Pada matriks IFE didapatkan skor sebesar 2.753 yang terdiri dari 13 kekuatan dan 6 kelemahan usaha. Sedangkan pada matriks IFE didapatkan skor sebesar 2.921 yang terdiri dari 8 peluang dan 7 ancaman bagi usaha. Alternatif strategi yang didapatkan pada matching stage diolah menggunakan QSPM sehingga didapatkan strategi dengan melakukan perluasan penjualan dengan melakukan konsinyasi ataupun menjalin kerjasama dengan perusahaan, sekolah, atau universitas, Memanfaatkan penggunaan teknologi sosial media yang sedang tren dalam melakukan pemasaran seperti menggunakan jasa influencer dan memaksimalkan marketplace, meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk dengan menambahkan jenis produk pada usaha dan melakukan pengembangan produk secara berkala serta meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan untuk menjaga loyalitas pelanggan, serta strategi yang terakhir yaitu mencari pemasok terbaik dan melakukan kerjasama secara tetap.
English Abstract
xiii SUMMARY Auditra Humaira Firdania, Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Brawijaya, August 2022, Analysis of The Bounz Bakery's Business Development Strategy Using SWOT and IE Matrix, Supervisor Lecturer: Prof. Dr. Ir. Qomariyatus Sholihah, ST., M.Kes., IPU., ASEAN Eng The Bounz Bakery business is one of the bakery businesses in Indonesia which is located in South Tangerang. The community's need for practical alternative food makes The Bounz Bakery take advantage of this opportunity to open this business. The available products at The Bounz Bakery are sweet breads and pastries. There was a decrease in revenue from April 2021 to March 2022, and the target was not attained. Additionally, there was ongoing concern regarding the supply of raw materials from suppliers. This study uses the SWOT matrix, the IE (Internal External) matrix, and the Quantitative Strategic Planning Matrix to formulate existing strategies in the business. The first stage of the research is the input stage by identifying internal factors and external factors in the business and processing them by making the Internal Factor Evaluation matrix and External Factor Evaluation matrix. Furthermore, the data will be used as a reference for the matching stage using the SWOT matrix and the IE matrix. The last stage is the decision stage using the Quantitative Strategic Planning Matrix to determine the most recommended strategy for The Bounz Bakery's business. After identified, there are 19 internal factors and 15 external factors that affect the business. In the IFE matrix, a score of 2,753 is obtained which consists of 13 strengths and 6 weaknesses. While the IFE matrix obtained a score of 2,921 which consists of 8 opportunities and 7 threats to the business. Alternative strategies obtained at the matching stage are processed using QSPM so that a strategy is obtained by expanding sales by consignment or collaborating with companies, schools, or universities, utilizing the use of trending social media technology in marketing such as using influencer services and maximizing the marketplace, improve and maintain product quality by adding product types to the business and conducting product development on a regular basis as well as improving and maintaining service quality to maintain customer loyalty, and the last strategy is to find the best suppliers and cooperate regularly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522070292 |
Uncontrolled Keywords: | anajemen Strategi, Matriks IE, Matriks SWOT, Strategi Usaha Bakery, Quantitative Strategic Planning Matrix .- Bakery Business Strategy, IE Matrix, Strategic Management, SWOT Matrix, Quantitative Strategic Planning Matrix |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:49 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197858 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AUDITRA HUMAIRA FIRDANIA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |