Nugraha, Halim and Erlinda Indrayani, S.Pi., M.Si (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Alam Mangrove Angke PIK, Jakarta Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022 hingga Agustus 2022 di Taman Wisata Alam Mangrove Angke PIK, Jakarta utara. Pengambilan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik liniear time function dengan jumlah responden 54 orang. Data primer yang diambil pada penelitian ini adalah tanggapan responden dimana dengan kriteria Memiliki usia lebih dari 17 tahun, Minimal berpendidikan SMA atau sederajat dan Telah menghabiskan waktu di lokasi lebih dari 10 menit. Sumber dari data sekundernya adalah buku, jurnal ilmiah, website resmi dan penelitian terdahulu. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy dengan variabel terikatnya adalah kepuasan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif pada variabel Responisveness (daya tanggap) terhadap kepuasan wisatawan tang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Namun terdapat pengaruh negative pada variabel Tangible (Bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Lalu pada analisis regresi linear berganda Terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Adapun besarnya pengaruh kualtias pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK sebesar 44,6 % diperoleh dari hasil analisis determinasi. Pada variabel Tangible Taman Wisata Alam Mangrove PIK perlu melakukan perombakan dan renovasi pada kantin pada taman wisata tersebut, yaitu dengan memperbaiki kursi dan meja yang sudah tidak terawat, perlu peremajaan pada paddleboard. Pada Reliability atau kehandalan, pengelola harus bisa mempertahankan dan perlu meningkatkan kinerja karyawan dalam melayani wisatawan. Pada hal Responsiveness atau ketanggapan pengelola harus bisa memberikan pelatihan kepada karyawannya dalam memberikan informasi secara jelas dan mudah dimengerti. Pada hal Assurance atau jaminan perlu keamanan pada TAMAN WISATA ALAM Mangrove PIK juga perlu ditingkatkan dalam hal menjaga barang barang berharga milik wisatawan. Pada hal Empathy atau kepedulian pada Taman Wisata Alam Mangrove PIK belumbaik, maka dari itu perlu ditingkatkan dengan cara melatih karyawan agar selalu bisa lebih peka pada kebutuhan wisatawan.
English Abstract
This study aims to determine the effect of service quality variables on tourist satisfaction visiting the PIK Mangrove Nature Park. This research is a qualitative and quantitative research using multiple linear regression analysis. Data collection techniques are questionnaires, observation, and documentation. Types and sources of data used are primary data and secondary data. The research was conducted from July 2022 to August 2022 at the Angke Mangrove Nature Park, PIK, North Jakarta. Taking the number of samples in this study using a linear time function technique with a total of 54 respondents. The primary data taken in this study are respondents' responses where the criteria are having more than 17 years of age, having a minimum high school education or equivalent and having spent more than 10 minutes at the location. As for the secondary data are books, scientific journals, official websites and previous research. The independent variables in this study are Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy with the dependent variable being tourist satisfaction. The results showed that there was a positive influence on the Responsiveness variable on the satisfaction of tourists visiting the PIK Mangrove Nature Tourism Park. However, there is a negative effect on the Tangible (Physical Evidence), Reliability, Assurance, and Empathy variables on the satisfaction of tourists visiting the PIK Mangrove Nature Tourism Park. Then in the multiple linear regression analysis there is a positive influence of service quality on the satisfaction of tourists visiting the PIK Mangrove Natural Tourism Park. The magnitude of the influence of service quality on the satisfaction of tourists visiting the PIK Mangrove Natural Tourism Park of 44.6% was obtained from the results of the determination analysis. In the Tangible variable, the Mangrove Natural Tourism Park, PIK needs to revamp and renovate the canteen at the tourist park, namely by repairing chairs and tables that are not maintained, it is necessary to rejuvenate the paddleboard. In Reliability or reliability, managers must be able to maintain and need to improve employee performance in serving tourists. In terms of Responsiveness or responsiveness, managers must be able to provide training to their employees in providing clear and easy-to-understand information. In terms of assurance or guarantees, the need for security at Angke Pantai Indah Kapuk Nature Tourism Mangrove Park also needs to be improved in terms of safeguarding tourists' valuables. In terms of Empathy or concern for the PIK Mangrove Natural Tourism Park is not good, therefore it needs to be improved by training employees to take care the tourist.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080273 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:42 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197855 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Halim Nugraha.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |