Implementasi Kebijakan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Arsip Dinamis (Studi Kasus pada Bidang-Bidang di Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta).

Larasati, Anisa and Dr. Drs. Siswidiyanto,, MS and Muhammad Rosyihan Hendrawan,, SIP., M.Hum (2022) Implementasi Kebijakan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Arsip Dinamis (Studi Kasus pada Bidang-Bidang di Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Arsip Dinamis sebagai pedoman bagi Perangkat Daerah dan BUMD Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan pengelolaan Arsip Dinamis dari kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Peraturan tersebut guna mewujudkan tertib administrasi dan tertib pengelolaan Arsip Dinamis. Salah satu Perangkat Daerah yang menggunakan peraturan tersebut adalah Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis terkait implementasi Pergub DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Arsip pada bidang-bidang Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan peraturan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan pada wawancara menggunakan metode Snowball Sampling. Analisis data menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan model pendekatan implementasi kebijakan milik Edward III dan menunjukan bahwa implementasi Pergub No. 79 Tahun 2018 masih belum berjalan secara maksimal. Hal ini dikarenakan: (1) Komunikasi, dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta masih dilakukan informal atau person to person oleh arsiparis karena tidak ada kegiatan sosialisasi yang berjalan dan penyampaian informasi yang dilakukan sudah baik. (2) Sumber daya, staf pelaksana dan fasilitas pendukung belum memadai, serta baru terdapat pembuatan wewenang dan informasi yang baku yang ditujukan untuk staf pelaksana pada tahun 2022 namun belum disosialisasikan. (3) Disposisi, pelaksana kebijakan masih melakukan kegiatan pengelolaan arsip dinamis sesuai dengan pengetahuan yang mereka punya karena pengaturan birokrasi yang secara baku ditujukan pada staf pelaksana baru terbentuk di tahun 2022. (4) Struktur birokrasi, belum optimal dikarenakan baru ditetapkan satu SOP dan Keputusan Kepala Dinas Sosial. Faktor pendukung menjalankan peraturan pengelolaan arsip dinamis adalah kompetensi arsiparis yang baik dan sosialisasi dari instansi luar. Terdapat faktor penghambat, yaitu kurangnya jumlah SDM, baru ditetapkan satu SOP dan Keputusan Kepala Dinas, tidak ada anggaran khusus, dan tidak terdapat kerja sama dengan pihak

English Abstract

Regulation of the Governor of Jakarta Province Number 79 of 2018 concerning Records Management as a guide for Regional Apparatus and BUMD of DKI Jakarta Province in records managing of Regional Government administration activities. These regulations are in order to realize orderly administration and orderly management of Records. One of the Regional Apparatuses that uses this regulation is the Social Service Jakarta Province. This study aims to describe and analyze the implementation of DKI Jakarta Governor Regulation Number 79 of 2018 concerning Records Management in the Departements of Social Service, Jakarta Province, as well as supporting and inhibiting factors in implementing regulations. This research uses qualitative research with a case study approach. Data was collected through observation, interviews, and documentation. Determination of informants in interviews using the Snowball Sampling. Data analysis used the Miles, Huberman, and Saldana methods, namely data collection, condensation, presentation, and drawing conclusions. The results of this study use Edward III's policy implementation approach model and show that the implementation of Governor Regulation No. 79 of 2018 is still not running optimally. This is because: (1) Communication, carried out by the Social Service, Jakarta Province, is still carried out informally or person to person by archivists because there are no ongoing socialization activities and the delivery of information that has been carried out is good. (2) Resources, implementing staff and supporting facilities are not sufficient, and there has only been the creation of authority and standardized information aimed at implementing staff in 2022 but has not been socialized. (3) Disposition, policy implementers still carry out records management activities according to the knowledge they have because bureaucratic arrangements that are standardly aimed at implementing staff have only been formed in 2022. (4) The bureaucratic structure is not optimal because only one SOP and decision have been set. Head of Social Service. Supporting factors for implementing records management regulations are good archivist competence and socialization from outside agencies. There are inhibiting factors, namely the lack of human resources, only one SOP and Decree of the Head of Service have been set, there is no special budget, and there is no cooperation with outside parties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030138
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Publik, Peraturan Pemerintah Arsip Dinamis, Pergub No. 79 tahun 2018, Pengelolaan Arsip DinamisImplementation, Public Policy, Records Government Regulation, Governor Regulation No. 79 year 2018, Records Management
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Samuri
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:23
Last Modified: 20 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197780
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anisa Larasati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item