Molecular Docking Senyawa Kuersetin pada Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) Sebagai Induksi Apoptosis Kanker Mulut

Caramy, Muhammad Daniel and drg. Astika Swastirani, M. Si. (2021) Molecular Docking Senyawa Kuersetin pada Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) Sebagai Induksi Apoptosis Kanker Mulut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi diantara kanker leher dan kepala. Kanker ini juga memiliki prognosis yang cukup buruk. Sejauh ini, pengobatan kanker mulut masih menggunakan cara konvensional dan belum menunjukkan peningkatan lamanya hidup penderita. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian guna mencari alternatif lain sebagai terapi kanker mulut. Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa kuersetin yang memiliki manfaat sebagai antikanker. Senyawa ini diketahui dapat menghambat proliferasi sel melalui penghentian siklus sel, apoptosis, dan fragmentasi DNA. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara molecular docking keefektifan belimbing wuluh terhadap apoptosis sel kanker mulut. Metode penelitian ini menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses) yaitu dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi terlebih dahulu, kemudian dilakukan beberapa tahapan yaitu identifikasi, penyaringan/eliminasi, pemenuhan syarat, dan kelayakan untuk memperoleh jurnal yang diperlukan. Penelitian ini juga diperkuat dengan program pengolahan data interaksi antar senyawa dengan menggunakan metode molecular docking. Struktur reseptor dan ligan diperoleh dari Protein Data Bank dan website pubchem. Kemudian dilakukan preparasi dan visualisasi hasil dengan menggunakan software BIOVIA Discovery Studio, Autodock Vina, dan Ligplot. Hasil molecular docking adalah energi ikatan dan ikatan hydrogen yang terbentuk. Analisa mekanisme interaksi yang terbentuk dilihat dari jenis ikatan hidrogen yang terbentuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521140053
Uncontrolled Keywords: Kanker mulut, belimbing wuluh, kuersetin, molecular docking, apoptosis sel.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:11
Last Modified: 20 Mar 2023 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197779
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Daniel Caramy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item