Pengaruh Green Perceived Quality, Green Environment, Experience Culture, dan Keterikatan Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Starbucks (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Njauwman, Andre and Muhammad Iqbal,, S.Sos, MIB, DBA (2022) Pengaruh Green Perceived Quality, Green Environment, Experience Culture, dan Keterikatan Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Starbucks (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan data yang dilansir World Economic Forum pada bulan April 2020, Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik setiap tahunnya, dengan kenaikan jumlah sampah plastik sebesar 5% setiap tahunnya. Perilaku gaya hidup individu dan kelompok masyarakat menjadi penyebab kerusakan lingkungan secara global. Starbucks sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang coffee shop telah menjadi coffee shop yang dikenal dengan penjualan kopi menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut menjadi langkah bagus yang dilakukan oleh Starbucks untuk mempertahankan dan meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh green perceived quality terhadap keputusan pembelian konsumen produk kopi Starbucks, (2) menganalisis pengaruh green environment terhadap keputusan pembelian konsumen produk kopi Starbucks, (3) menganalisis pengaruh experience culture terhadap keputusan pembelian konsumen produk kopi Starbucks, (4) menganalisis pengaruh keterikatan emosional terhadap keputusan pembelian konsumen produk kopi Starbucks. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan konsumen produk kopi Starbucks mahasiswa Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan Product Pearson Moment. Uji reliabilitas digunakian dalam penelitian ini dengan menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi pengolahan data Statistical Product and Service Solution (SPSS) Hasil dari penelitian ini bahwa (1) Variabel Green Perceived Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Kopi Starbucks (2) Variabel Green Environment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Kopi Starbucks, (3) Variabel Experience Culture memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Kopi Starbucks nilai (4) Variabel Keterikatan Emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Kopi Starbucks

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030133
Uncontrolled Keywords: Green Perceived Quality, Green Environment, Experience Culture, Keterikatan Emosional, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Samuri
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:45
Last Modified: 20 Mar 2023 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197756
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andre Njauwman.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item