Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Awareness BRI Peduli dan Minat Menjadi Nasabah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang)

Izzatuddiena, Aisha and Sunarti, Dr. S. Sos, MAB, and Irfan Kharisma Putra, SAB., MAB (2022) Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Awareness BRI Peduli dan Minat Menjadi Nasabah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perbankan yang menjadi lebih cepat dan modern dalam segi kualitas layanan, produk, inovasi, dan teknologi hal ini, karena bank berperan penting pada kegiatan perdagangan masyarakat dengan menaikan taraf hidup. Masyarakat akan memilih merek bank yang terkenal, hal ini menunjukan bahwa merek dapat memengaruhi terhadap menjadi nasabah atau minat beli atau masyarakat. Minat masyarakat untuk menjadi nasabah suatu bank semakin banyak, salah satunya adalah perusahaan bank milik BUMN yang sudah dikenal oleh semua kalangan masyarakat yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., salah satu cara agar minat masyarakat menjadi nasabah BRI adalah dengan melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Masyarakat dapat mengembangkan hubungan yang kuat dengan perusahaan melalui kegiatan CSR seperti acara amal yang memberikan manfaat, yaitu membangun kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari variabel bebas yaitu Corporate Social Responsibility terhadap variabel terikat yaitu Minat Menjadi Nasabah memalui variabel antara (intervening variable) yaitu Brand Awareness. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini, data diolah dengan menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis) data dibantu oleh software IBM SPSS Statistics 25.0. Responden penelitian ini adalah Masyarakat Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang mengetahui BRI Peduli dengan jumlah 116 orang responden. Hasil penelitian menunjukan CSR berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Awareness, Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Menjadi Nasabah, Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Menjadi Nasabah. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility merupakan salah satu strategi yang efektif dalam membentuk Brand Awareness sehingga dapat mempengaruhi Minat Menjadi Nasabah.

English Abstract

The banking industry is becoming faster and more modern in terms of service quality, products, innovation, and technology because banks play an important role in community trading activities by raising the standard of living. The public's interest in becoming customers of a bank is increasing, one of which is a stateowned bank company that is well known by all levels of society, namely PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., one of the ways to increase public interest in becoming BRI customers is to carry out Corporate Social Responsibility (CSR) activities. Communities can develop strong relationships with companies through CSR activities such as charity events that provide benefits, namely building brand awareness. This study aims to find the effect of the independent variable, namely Corporate Social Responsibility, on the dependent variable, namely Interest in Becoming a customer, through the intervening variable, namely Brand Awareness. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. This study processed data using Path Analysis Techniques (Path Analysis) data assisted by IBM SPSS Statistics 25.0 software. Respondents in this study were the people of Sukoharjo Village, Klojen District, Malang City total of 116 respondents. The results showed that CSR has a significant effect on the variable Brand Awareness, Brand Awareness has a significant effect on the Interest in Being a customer variable, and Corporate Social Responsibility has a significant impact on the Interest in Being a customer variable. The findings in this study indicate that Corporate Social Responsibility is an effective strategy for establishing Brand Awareness to influence Customer Interes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030127
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Brand Awareness, Minat Menjadi Nasabah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:49
Last Modified: 17 Mar 2023 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197661
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisha Izzatuddiena.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item