Strategi Penetapan Harga Jual Produk Dengan Menerapkan Nilai Keyakinan Dan Kekeluargaan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Umkm Kerupuk Bawang Jm, Desa Pakisaji, Kabupaten Malang)

Rohmah, Yunita Nur Maulidah and Prof. Iwan Triyuwono (2022) Strategi Penetapan Harga Jual Produk Dengan Menerapkan Nilai Keyakinan Dan Kekeluargaan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Umkm Kerupuk Bawang Jm, Desa Pakisaji, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetapan harga jual produk dengan menerapkan nilai keyakinan dan kekeluargaan oleh UMKM Kerupuk Bawang JM yang berlokasi di Desa Pakisaji, Kabupaten Malang dalam upaya bertahan di masa pandemi. Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif untuk mendapatkan deskripsi yang menggambarkan secara akurat kondisi yang terjadi secara nyata dan realistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Kerupuk Bawang JM menggunakan penetapan harga dengan metode going-rate (going-rate pricing) dengan menetapkan harga yang lebih rendah dari harga pasar dengan mempertimbangkan aspek biaya yang dibutuhkan dalam produksi. Ketika menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan harga bahan yang meningkat, strategi yang diterapkan yaitu dengan menetapkan tingkat harga yang sama (tidak berubah) dan tetap mengedepankan kualitas rasa. UMKM Kerupuk Bawang JM menghadapi kondisi kenaikan harga bahan baku dengan menggunakan strategi shrinkflation yaitu dengan memperkecil ukuran kemasan untuk menutup biaya produksi yang melonjak. Dalam menerapkan strategi penetapan harga, UMKM Kerupuk Bawang JM tidak hanya mempertimbangkan faktor biaya dan pasar, akan tetapi terdapat nilai-nilai keyakinan dan kekeluargaan yang dijadikan prinsip dan pedoman dalam mengambil keputusan bisni

English Abstract

This study aims to analyze the strategy of determining the selling price of products by applying the values of faith and kinship by Kerupuk Bawang JM MSMEs located in Pakisaji, Malang Regency, in an effort to survive during the pandemic. In conducting the research, the method used is descriptive qualitative to obtain a description that accurately describes the conditions that occur in a real and realistic manner. The results of the study indicate that Kerupuk Bawang JM uses a going- rate pricing method by setting a lower price than the market price by considering the costs involved in production. When facing the COVID-19 pandemic situation and the increasing price of ingredients, the strategy applied is to set the same price level (unchanged) and continue to prioritize taste quality. Kerupuk Bawang JM MSMEs face conditions of rising raw material prices by using a shrinkflation strategy, namely by reducing the size of the packaging to cover soaring production costs. In implementing the pricing strategy, Kerupuk Bawang JM MSMEs not only consider cost and market factors, but there are values of faith and kinship that are used as principles and guidelines in making business decision

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020353
Uncontrolled Keywords: Strategi Penetapan Harga, UMKM, Nilai Keyakinan, Nilai Kekeluargaan, Pandemi Covid-19, Pricing Strategy, MSMEs, Faith Values, Kindship Values, Covid-19 Pandemic.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:21
Last Modified: 15 Mar 2023 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197569
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YUNITA NUR MAULIDAH ROHMAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item