Ibrahim, Braja Maulana and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2022) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan, Dengan Menggunakan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk So Good Fish Nuggets di Kota Bekasi, Jawa Barat/. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara maritim, karenai sebagiani luasi daerahnyai terdirii darii lautani yang terdapati banyaki potensii perikanan. Ikan dikenal sebagai suatu komoditi yang mempunyai nilai gizi tinggi. So Good Fish Nuggets adalah sebuah produk hasil olahan dari ikan segar yang diolah menjadi nuggets. Konsep pemasaran adalah sebuah kegiatan guna untuk tercapainya sebuah tujuan perusahaan yaitu kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini memilik variabel yang ditelit sebanyak empat yaitu : kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan, kualitas produk, harga. Dengan adanya variabel yang diteliti tersebut penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, (2) menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (3) menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan, (4) menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori research dengan pendekatan kuantitatif. Kriteria sampel yang diambil merupakan konsumen So Good Fish Nuggets yang berdomisili di kota Bekasi dan minimal pernah membeli produk So Good Fish Nuggets sebanyak dua kali dengan usia 17-55 tahun. Data yang diambil menggunakan data primer dengan skala liker 1-5 dengan metode pengambilan kuesioner tertutup. Data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen dan penelitian sebelumnya. Metode analis data pada penelitian ini menggunakan measurement model dan structural model. Hasil dari penelitian yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. kualitas produk dan harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena hal tersebut tidak berperan sama sekali terhadap loyalitas pelanggan melainkan dengan meningkatnya kepuasan konsumen maka pelanggan akan loyal dengan produk tersebut. Penelitian ini diharapkan bagi perusahaan untuk mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini juga diharapkan untuk penulis dalam mengembangkan konsep pemasaran dikemudian hari. Penelitian ini juga diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk dijadikan acuan dan dapat dikembangkan selanjutnya.
English Abstract
Indonesia is a maritime country because most of its area consists of oceans which have a lot of fishery potential. Fish is known as a commodity that has high nutritional value. So Good Fish Nuggets is a product made from fresh fish that is processed into nuggets. The marketing concept is an activity to achieve a company goal, namely customer satisfaction. In this study, four variables were investigated, namely: customer satisfaction, customer loyalty, product quality, and price. With the variables studied, this study has the objectives of (1) analyzing the effect of product quality on consumer satisfaction, (2) analyzing the effect of price on consumer satisfaction, and (3) analyzing the effect of product quality and price on customer loyalty, (4) analyzing the effect of consumer satisfaction on customer loyalty. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The sample criteria taken are So Good Fish Nuggets consumers who live in the city of Bekasi and have at least bought So Good Fish Nuggets products twice, aged 17-55 years. Data were taken using primary data with a Likert scale of 1-5 with a closed questionnaire method. Secondary data was obtained from documents and previous research. The data analysis method in this study uses a measurement model and a structural model. The result of the research is that product quality has a significant effect on consumer satisfaction. price has a significant effect on consumer satisfaction. product quality and price have no significant effect on customer loyalty. consumer satisfaction has a significant effect on customer loyalty. Product quality and price variables have no significant effect on customer loyalty because they do not play a role at all in customer loyalty but with increasing customer satisfaction, customers will be loyal to the product. This research is expected for the company to consider the right marketing strategy. This research is also expected for the author in developing marketing concepts in the future. This research is also expected for future researchers to be used as a reference and can be developed further.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080243 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 01:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 01:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197559 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Braja Maulana Ibrahim.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |