Pengaruh Atribut Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Dimediasi Citra Destinasi (Studi Pada Hotel Syariah Di Jawa Timur)

Rohim, Yasin Nur and Dr. Wahdiyat Moko, and Dr. Mintarti Rahayu, (2022) Pengaruh Atribut Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Dimediasi Citra Destinasi (Studi Pada Hotel Syariah Di Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada 2019, GMTI telah menempatkan Indonesia sebagai tujuan wisata muslim nomor satu dunia. Hotel syariah merupakan akomodasi penting yang dibutuhkan wisatawan, sehingga perlunya manajemen hotel syariah dapat bersaing dengan hotel konvensional dan memahami kepuasan konsumen yang pada akhirnya melakukan kunjungan ulang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat wisatawan muslim untuk melakukan kunjungan ulang pada hotel syariah di Jawa Timur. Atribut destinasi hotel syariah menjadi variabel eksogen yang mempengaruhi niat melakukan kunjungan ulang dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini termasuk dalam explanatory research. Responden dalam penelitian ini merupakan tamu yang sedang atau pernah menginap pada hotel syariah di Jawa Timur. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 148 responden. Hasil penelitian disimpulkan bahwa atribut destinasi Islam memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berkunjung kembali dan citra destinasi berperan sebagai variabel mediasi pada hotel syariah di Jawa Timur

English Abstract

In 2019, GMTI has placed Indonesia as the world's number one muslim tourist destination. Sharia hotels are important accommodations needed by tourists, so there is a need for sharia hotel management to compete with conventional hotels and understand customer satisfaction which ultimately makes repeat visits. The purpose of this study was to analyze the factors that influence the intention of Muslim tourists to make repeat visits to sharia hotels in East Java. The destination attribute of sharia hotels is an exogenous variable that affects the intention to make repeat visits with the image of the destination as a mediating variable. This research is included in explanatory research. Respondents in this study are guests who are currently or have stayed at sharia hotels in East Java. Determination of the number of samples in this study using purposive sampling technique with a sample of 148 respondents. The results of the study concluded that the attributes of Islamic destinations have a significant influence on the intention to return and the image of the destination acts as a mediating variable in sharia hotels in East Java

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: :0422020063
Uncontrolled Keywords: citra destinasi, atribut destinasi, niat berkunjung kembali, kepuasan pelanggan, strategi diferensiasi, hotel syariah, destination image, destination attributes, revisit intention, customer satisfaction, differentiation strategy, sharia hotel.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:29
Last Modified: 14 Mar 2023 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197556
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
yasin nurrohim.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item