Wardana, Reza Yudha and Prof. Dr. Astrid Puspaningrum, (2022) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Retrorika Coffee Bar & Resto Kota Batu, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan sesuatu hal yang memegang peranan penting dalam bisnis. Kepuasan pelanggan didasarkan pada terpenuhinya keinginan atau kebutuhan pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka terima dengan menghasilkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan akan merasa puas, Dengan adanya Experiential Marketing, pelanggan akan mampu membedakan produk dan jasa yang satu dengan lainnya karena mereka dapat merasakan dan memperoleh pengalaman secara langsung. Experiential Marketing adalah suatu usaha yang digunakan oleh perusahaan atau pemasaran untuk mengemas produk sehingga mampu menawarkan pengalaman emosi hingga menyentuh hati dan perasaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan Experiental Marketing terhadap kepuasan pelanggan di Retrorika Coffee Bar and Resto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berupa sumber data primer dengan teknik pengumpulan data survei menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Likert lima poin. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Experiental Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
English Abstract
Customer satisfaction plays an important role in business. It is based on the fulfilment of customers’ wants and needs from products or services they have received because customers will be satisfied by products and services that suits their needs and preferences. Experiential marketing enables customers to distinguish certain products or services from the others because they can feel or get direct experiences. This type of marketing is used by companies or marketers in packaging their products, by which they can offer emotional experiences that touch customer’s heart and feelings. The objective of this research is to identify the effect of experiential marketing on the satisfaction of Retorika Coffee Bar and Resto’s customers. A number of 100 respondents was selected through the use of purposive sampling, to whom 5-point Likert-scaled questionnaires were distributed to acquire the primary data. The results of the multiple linear regression analysis performed in SPSS 22 have led to the finding that experiential marketing significantly influences customer satisfaction
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020319 |
Uncontrolled Keywords: | Experiental Marketing, Kepuasan Pelanggan, Coffee Shop, Retrorika Coffee Bar & Resto,Experiental Marketing, Customer Satisfaction, Coffee Shop, Retrorika Coffee Bar & Resto |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 06:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 06:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197445 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reza Yudha Wardana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |