Suseno, Rendi and Prof. Dr. Ubud Salim and Ainur Rofiq, (2019) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Dan Perilaku Nyata Penggunaan (Studi Pada Layanan Mobile Banking Di Bank Jatim Cabang Pare). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kehadiran produk layanan perbankan modern seperti mobile banking harus memenuhi persyaratan teknologi yang akan diadopsi. Padahal masalah yang muncul dalam penggunaan teknologi di Bank Jatim adalah rendahnya pemanfaatan sistem layanan. Kondisi ini menantang peneliti untuk menguji melalui teori model penerimaan teknologi dengan modifikasi model untuk menjelaskan kondisi penerimaan teknologi baru. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa dari model yang telah dikompilasi bahwa ketiga variabel eksogen diuji, hanya variabel kemudahan persepsi yang terbukti memiliki kontribusi yang signifikan untuk kedua sikap penggunaan dan perilaku aktual penggunaan. Selain itu, variabel kenyamanan yang dirasakan juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Namun, hasil penelitian menemukan bahwa kontribusi kepercayaan dan variabel kepercayaan masih rendah dalam membentuk sikap terhadap penggunaan dan perilaku nyata menggunakan layanan mobile banking. Temuan lain dalam penelitian ini untuk menggambarkan masalah rendahnya penggunaan layanan mobile banking adalah kebutuhan transaksi tunai oleh pelanggan. Sebagian besar pelanggan PNS membutuhkan transaksi tunai dalam rutinitas harian mereka dibandingkan dengan kebutuhan transaksi non tunai seperti transfer atau pembelian online. Inilah yang menyebabkan pelanggan menggunakan layanan Anjungan Tunai Mandiri sebagai alat untuk mengambil uang mereka dan kemudian menggunakan transaksi secara langsung sesuai kebutuhan.
English Abstract
The presence of modern banking service products such as mobile banking should meet the requirements of a technology to be adopted. In fact the problem that arises in the use of a technology at Bank Jatim is the low utilization of the service system. This condition challenges researchers to test through technology acceptance model theory with modification of models to explain the conditions of acceptance of a new technology. The conclusion of this study found that from the model that had been compiled that the three exogenous variables were tested, only the ease of perception variables that proved to have a significant contribution to both attitudes of use and the actual behavior of use. In addition, perceived convenience variables also have a significant positive influence on customer trust. However, the results of the study found that the contribution of trust and trust variables was still low in shaping attitudes towards the use and real behavior of using mobile banking services. Another finding in this study to describe the problem of the low use of mobile banking services is the need for cash transactions by customers. Most PNS customers need cash transactions in their daily routine compared to the needs of non-cash transactions such as transfers or purchases online. This is what causes customers to use the Automated Teller Machine service as a means of taking their money and then use the transaction directly as needed.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 04190.... |
Uncontrolled Keywords: | persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, kepercayaan, sikap terhadap penggunaan, penggunaan aktua, perceived ease of use, perceived usefulness, trust, attitude toward using, actual usage |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 03:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 03:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197431 |
Text
rendi suseno.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |