Partisipasi Kerja Perempuan Perdesaan Di Sektor Informal Dengan Pendekatan Strategi Penghidupan (Studi Kasus Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali)

Tisnawati, Ni Made and Prof. Dr. Khusnul Ashar, and Prof. Devanto Shasta Pratomo and Dr. Susilo, (2022) Partisipasi Kerja Perempuan Perdesaan Di Sektor Informal Dengan Pendekatan Strategi Penghidupan (Studi Kasus Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni (1) ‘pengaruh akses modal SDM, SDA, keuangan, Fasilitas fisik, dan kelembagaan sosial terhadap partisipasi kerja perempuan perdesaan pekerja informal di Kabupaten Gianyar (2) strategi penghidupan perempuan perdesaan pekerja informal di Kabupaten Gianyar, berdasarkan tiga tipologi yang ada yakni strategi bertahan hidup (survival), konsolidasi, dan akumulasi. (3) strategi pemberdayaan perempuan pedesaan pekerja informal yang tepat dipergunakan oleh pemerintah daerah, pemerintahan desa dinas, Majelis Desa Adat sesuai dengan pendekatan strategi penghidupan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah mixed method yakni model SEM PLS dan AHP berdasarkan hasil jawaban 399 responden dan 15 informan. Pendekatan strategi penghidupan dilakukan dengan analisis deskriptif sesuai karakteristik strategi penghidupan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Partisipasi kerja Perempuan pedesaan pekerja informal di Kabupaten Gianyar dipengaruhi secara signifikan oleh akses terhadap modal SDM, akses terhadap modal SDA, dan akses terhadap modal keuangan. Akses terhadap modal fasilitas fisik dan akses terhadap kelembagaan sosial tidak berpengaruh secara signifikan dalam penelitian ini. (2). Strategi penghidupan rumah tangga perempuan pedesaan pekerja informal di Kabupaten Gianyar sebagian besar adalah konsolidasi. Kedua adalah survival, dan paling sedikit adalah rumah tangga dengan strategi penghidupan akumulasi. (3) Strategi pemberdayaan perempuan pedesaan pekerja informal di Kabupaten Gianyar diutamakan pada pengembangan modal SDM, keuangan, SDA, kelembagaan sosial, dan fasilitas fisik.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: :0622020032
Uncontrolled Keywords: Partisipasi kerja, Perempuan Perdesaan Pekerja Informal, Strategi Penghidupan, Pemberdayaan Perempuan,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:44
Last Modified: 09 Feb 2023 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197371
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ni Made Tisnawati, SE.,M.Si.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item