Rahma, Muhammad Aldi Alif and Yeney Widya Prihatiningtias, (2022) Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Sinkron Dan Asinkron Terhadap Pelanggaran Etika Akademik Mahasiswa (Survei Pada Mahasiswa Aktif S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran daring sinkron dan asinkron terhadap terjadinya pelanggaran etika akademik mahasiswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sebanyak 354 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran daring sinkron berpengaruh terhadap pelanggaran etika akademik mahasiswa. Selain itu, hasil pengujian juga menunjukkan bahwa pembelajaran daring asinkron berpengaruh terhadap pelanggaran etika akademik mahasiswa. Kedua hasil pengujian tersebut sejalan dengan Teori Fraud Triangle yang mengatakan bahwa adanya kesempatan (opportunity) untuk melakukan kecurangan mengakibatkan peningkatan intensitas kasus pelanggaran etika akademik
English Abstract
This study aims to examine the effect of synchronous and asynchronous classes on the academic ethics violations of the Undergraduate students of Accounting Department, the Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya. This study includes 354 data collected from survey through purposive sampling technique. The results of the data analysis utilizing the SPSS software indicated that both synchronous and asynchronous classes affected students' academic ethics violations, implying that the results are in accordance with the Fraud Triangle Theory stating that the fraud opportunity leads to increasing intensity of the academic ethics violation cases.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020270 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring sinkron, pembelajaran daring asinkron, pelanggaran etika akademik, pendidikan akuntansi, kecurangan akademik, Synchronous classes, asynchronous classes, academic ethics violations, accounting education, academic fraud |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:20 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197316 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Aldi Alif Rahmat.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |