Analisis Pengungkapan Prinsip Materialitas Pada Laporan Keberlanjutan Berdasarkan Gri Standard Dan Sasb (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016-2020)

Rumansyah, A. Muh. Alif and Dr. Erwin Saraswati, (2022) Analisis Pengungkapan Prinsip Materialitas Pada Laporan Keberlanjutan Berdasarkan Gri Standard Dan Sasb (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016-2020). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik dewan direksi dan komisaris, kinerja pelaporan keuangan, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan materialitas pada laporan keberlanjutan industri pertambangan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dari laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan dan menghasilkan 55 laporan sebagai data observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik dewan direksi dan komisaris secara spesifik pada aktivitas dewan direksi memiliki pengaruh dalam menentukan pengungkapan materialitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi, independensi dewan komisaris, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan tidak menjadi penentu dalam pengungkapan materialitas. Materialitas merupakan kunci dalam prinsip penyusunan laporan keberlanjutan, akan tetapi hal tersebut masih menjadi hal yang kurang dikaji di Indonesia, sehingga penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk memperhatikan pengungkapan materialitas pada laporan keberlanjutan di Indonesia melalui sudut pandang stakeholder theory dan Legitimacy Theory serta dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pembuat kebijakan dalam merumuskan kebijakan terkait dengan keberlanjutan untuk mencapai pengungkapan materialitas yang lebih komprehensif.

English Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of the characteristics of the board of directors and commissioners, financial reporting performance, and company size on the disclosure of materiality in the sustainability report of the mining industry in Indonesia. The research method used is quantitative with data collection techniques using documentation studies from sustainability reports and annual reports of mining sector companies listed on the IDX in 2016-2020 with a sample of 17 companies and 55 data observation reports. The analytical technique used is multiple regression analysis using STATA statistical tools. The results of this study indicate that the characteristics of the board of directors and commissioners specifically on the activities of the board of directors have an influence in determining materiality disclosure. The results of this study also indicate that the size of the board of directors, the independence of the board of commissioners, profitability, leverage, and firm size are not determinants of materiality disclosure. Materiality is a key principle in the preparation of sustainability reports, but it is still an issue that is under-studied in Indonesia, so this research can be considered to pay attention to the disclosure of materiality in sustainability reports in Indonesia from the point of view of stakeholder theory and Legitimacy Theory and can be taken into consideration for policy makers to pay more attention in formulating policies related to sustainability to achieve more comprehensive disclosure of materiality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020265
Uncontrolled Keywords: Materiality, Sustainability Report, Stakeholder Theory, Legitimacy Theory, Materialitas, Laporan Keberlanjutan, Stakeholder Theory, Legitimacy Theory
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:24
Last Modified: 07 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197311
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUH ALIF RUMANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item