Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Fakta Dalam Teks Artikel Melalui Media Kartu Pada Siswa SMA Kelas XII.

Permata Sari, Nadila (2022) Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Fakta Dalam Teks Artikel Melalui Media Kartu Pada Siswa SMA Kelas XII. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini diperoleh berdasarkan observasi awal yang menunjukan rendahnya minat siswa yang berdampak pada hasil belajar. Dapat dilihat melalui hasil nilai pada prasiklus yang memiliki rata-rata 70 dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan pada sekolah yaitu 85. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan mengenai penerapan media kartu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis kalimat fakta dalam teks artikel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan media kartu dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat fakta pada siswa kelas XII melalui media kartu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Model dalam penelitian ini menggunakan Kemmis dan M.C Tagart yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2022 dengan jumlah siswa 35, terdiri dari 20 Laki-laki dan 15 Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut; 1) dalam penerapan media kartu pada setiap siklusnya dapat dibuktikan melalui hasil tes menulis kalimat fakta pada siklus I terdapat peningkatan nilai dengan rata-rata sebesar 82,11% dengan presentase ketuntasan sebesar 60%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan 86,05% dengan presentase ketuntasan sebesar 80%. 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam setiap siklusnya. Terbukti dari nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II yang meningkat sebesar 3,94% sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator pembelajaran.

English Abstract

his research was obtained based on initial observations which showed low student interest which had an impact on learning outcomes. It can be seen from the results of the pre-cycle scores which have an average of 70 below the Minimum Completeness Criteria (KKM) applied to schools, namely 85. This research was conducted to explain the application of card media in improving student learning outcomes in writing factual sentences in article texts. The purpose of this study was to determine the effectiveness of applying card media in improving the ability to write factual sentences in class XII students using card media. This research uses a type of quantitative research with classroom action research (PTK) methods. The model in this study uses Kemmis and M.C Tagart which consists of 4 stages namely; planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of this study were students of class XII IPS 2 at SMA Negeri 8 Malang in the 2022 academic year with a total of 35 students, consisting of 20 boys and 15 girls. Data collection techniques using observation, written tests, and documentation. The results of this study can be explained as follows; 1) in the application of card media in each cycle it can be proven through the results of the fact sentence writing test in cycle I there was an increase in value with an average of 82.11% with a completeness percentage of 60%, while in cycle II there was an increase of 86.05% with the percentage of completeness is 80%. 2) there is an increase in students' understanding in each cycle. Evidenced by the average value in cycle I and cycle II which increased by 3.94% so that in cycle II it was declared successful because it had achieved learning indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120172
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Media Kartu, Teks Artike
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:52
Last Modified: 01 Feb 2023 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197216
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadila Permata Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item