Pengaruh Persepsi Return Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Dengan Pengetahuan Investasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Sulaksono, Ivanna Emmanuela and Abdul Ghofar, (2022) Pengaruh Persepsi Return Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Dengan Pengetahuan Investasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari persepsi return dan social media influencer terhadap minat investasi mahasiswa. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Manajemen Investasi, yaitu mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik quota sampling. Kuesioner disebarkan kepada 215 responden dengan menggunakan enam belas item pertanyaan yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan moderasi. Setiap item pertanyaan diukur dengan menggunakan lima skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi return dan social media influencer berpengaruh positif pada minat investasi mahasiswa dan tidak ada efek moderasi pengetahuan investasi pada hubungan persepsi return dan social media influencer terhadap minat investasi mahasiswa.

English Abstract

This quantitative descriptive study aims to analyze the effect of return perception and social media influencer on students’ interest for investment. The sample of this research involves Accounting students that have taken Investment Management course. Questionnaire consists of sixteen question items, all measured by Likert scale, was used to collect data from participants. Questionnaires were distributed to 215 quota-sampling-selected respondents and were analyzed by multiple and moderated regression analysis. Results show that both return perceptions and social media influencer have positive influence on students’ interest for investment, and investment knowledge does not moderate the influence of return perceptions and social media influencer on students’ interest for investment.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020232
Uncontrolled Keywords: Persepsi return, social media influencer, minat investasi mahasiswa, pengetahuan investasi, Return perception, social media influencer, students’ interest for investment, investment knowledge.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:01
Last Modified: 31 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197185
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ivanna Emmanuela Sulaksono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item