Strategi Pengembangan Pada Objek Wisata Selecta Kota Batu

Syahputra, Ivan and Dr.Drs. Sudjatno, (2020) Strategi Pengembangan Pada Objek Wisata Selecta Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Strategi Pengembangan Pada Taman Rekreasi Selecta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (Deskriptif) Pada penelitian ini digambarkan keadaan lingkungan internal dan eksternal data-data yang terkumpul di analisis untuk mengetahui peranan perkembangan pariwisata, analisis EFE dan IFE, Analisis Matriks IE, dan Matriks QSPM pada perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan dalam analisis lingkungan internal kekuatan dalam taman rekreasi selecta sangat tinggi salah satunya variasi produk beragam yang berada d taman Rekreasi. sedangkan dalam analisis lingkungan eksternal yang tinggi adalah dukungan masyrakat. Dalam matriks IE hasilnya berada di kuadran I dan IV, posisin ini sangat cocok untuk perusahaan tumbuh dan membangun salah satunya adalah startegi pengembangan produk, pasar dan penetrasi pasar. Pada hasil matriks QSPM untuk pengembangan produk mendapat poin 6,35, untuk pengembangan pasar mendapatkan 6,15, dan penetrasi pasar mendapatkan 5,91. Hasil disini menunjukan strategi pengembangan produk mendapatkan poin yang besar, salah satunya strategi yang dapat di lakukan adalah menambah wahana baru yang memiliki daya tarik yang cukup tinggi dan meningkatkan penggunaan teknologi yang lebih modern.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the application of the Development Strategy in Selecta Recreational Parks. The method used in this research is qualitative (descriptive) method. In this study described the internal and external environmental conditions data collected in the analysis to determine the role of tourism development, EFE and IFE analysis, IE Matrix Analysis, and QSPM Matrix in the company. The results of this study indicate that in the analysis of the internal environment the strength in selecta recreational parks is very high, one of which is the variety of diverse products in the recreational park. while in the analysis of high external environment is community support. In the IE matrix the results are in quadrants I and IV, this position is very suitable for companies to grow and build, one of which is the strategy of product development, market and market penetration. On the results of the QSPM matrix for product development get 6.35 points, for market development get 6.15, and market penetration get 5.91. The results here show the product development strategy gets big points, one of the strategies that can be done is to add new vehicles that have a high enough appeal and increase the use of more modern technology.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020558
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, pariwisata, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks QSPM, Development strategy, tourism, EFE Matrix, IFE Matrix, IE Matrix, QSPM Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:53
Last Modified: 31 Jan 2023 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197182
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IVAN SYAHPUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item