Poerwanto, Irwan and Ananda Sab‖ ́ H, and Srl Palupi Prabandari, (2022) Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Inovasi sebagai Mediasi (Studi pada UKM Makanan dan Minuman di Sentra Siola Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan inovasi eksploratif dan inovasi eksploitatif sebagai mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden dari total populasi 310 UKM sektor makanan dan minuman di Sentra Siola Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) orientasi pasar berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan, 2) orientasi pasar berpengaruh signifikan pada inovasi eksploratif, 3) orientasi pasar berpengaruh signifikan pada inovasi eksploratif, 4) inovasi eksploratif berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan, 5) inovasi eksploitatif tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan, 6) inovasi eksploratif memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan secara parsial, 7) inovasi eksploitatif tidak memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan
English Abstract
The objective of this research is to assess and analyze the effects of market orientation on firm performance with the mediation of explorative and exploitative innovations. The population is 310 food-and-beverages small and medium enterprises in Sentra Siola of Surabaya. Using simple random sampling, 85 were selected as the respondents. The descriptive analysis and Partial Least Squares performed in SmartPLS 3.0 have led to findings that (1) market orientation significantly influences firm performance, (2) market orientation significantly affects explorative innovation, (3) market orientation significantly impacts exploitative innovation, (4) explorative innovation significantly affects firm performance, (5) exploitative innovation does not impact firm performance, (6) explorative innovation partially mediates the effect of market orientation on firm performance, and (7) exploitative innovation does not mediate the effect of market orientation on firm performance
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | :0422020040 |
Uncontrolled Keywords: | orientasi pasar, inovasi eksploratif, inovasi eksploitatif, kinerja perusahaan, market orientation, explorative innovation, exploitative innovation, firm performance |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:39 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197173 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Irwan Poerwanto.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |