Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Malang.

Dwi Rahayu, Efinda (2022) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) mengenai peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik fabel pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 15 Malang dengan subjek penelitian 32 siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada kompetensi dasar materi fabel serta banyak siswa yang cenderung bersikap pasif ketika pembelajaran berlangsung sehingga siswa yang aktif hanya siswa tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik fabel pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 15 Malang dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik fabel dengan model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 15 Malang. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dan sebanyak 11 siswa tidak tuntas dalam materi mengidentifikasi unsur intrinsik fabel. Nilai rata-rata yang didapatkan adalah 75,78 dengan persentase ketuntasan 66% yang masuk ke dalam kategori baik. Pada siklus II, hasil belajar siswa lebih meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 siswa. Pada siklus II didapatkan hasil nilai rata- rata adalah 82,5 dengan persentase ketuntasan 91% yang masuk ke dalam kategori sangat baik. Nilai rata-rata tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan selisih nilai rata-rata adalah 6,72.

English Abstract

Classroom Action Research (CAR) with a cooperative model type STAD (Student Team Achievement Division) regarding improving the ability to identify the intrinsic elements of fables in class VII E students at SMP Negeri 15 Malang with 32 students as research subjects. The problem in this study is the low value of student learning outcomes in learning on the basic competencies of fable material and many students who tend to be passive when learning takes place so that only certain students are active. The purpose of this study was to determine the application of the STAD type cooperative learning model to improve the ability to identify fable intrinsic elements in class VII E students at SMP Negeri 15 Malang and to determine student learning outcomes in identifying fable intrinsic elements with the STAD type cooperative model in class VII students. E at SMP Negeri 15 Malang. In this study, the instruments used were test and non-test instruments. The results of the research in the first cycle showed the number of students who completed as many as 21 students and as many as 11 students did not complete the material to identify the intrinsic elements of fables. The average value obtained is 75.78 with a completeness percentage of 66% which falls into the good category. In the second cycle, student learning outcomes increased further with the number of students who completed totaling 29 students and students who did not complete amounting to 3 students. In the second cycle, the average score was 82.5 with a 91% completeness percentage which was included in the very good category. The average value proves that there is a significant increase in cycle II with the difference in the average value being 6.72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120160
Uncontrolled Keywords: Mengidentifikasi, Unsur Intrinsik Fabel, Model Kooperatif Tipe STAD
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:00
Last Modified: 31 Jan 2023 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197168
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
EFINDA DWI RAHAYU.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item