Peningkatan Kemampuan Menganalisis Teks Biografi Melalui Platform Genially Pada Siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo.

Rosita Dewi, Diana (2022) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Teks Biografi Melalui Platform Genially Pada Siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemampuan menganalisis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembelajaran. Kemampuan menganalisis teks biografi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo masih rendah, hal tersebut dapat diketahui dari nilai hasil tes menganalisis teks biografi siswa pada prasiklus. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menerapkan platform Genially dalam pembelajaran teks biografi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Oleh karena itu, penerapan platform Genially diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis teks biografi melalui materi yang disampaikan dalam presentasi yang menyenangkan dan interaktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang meliputi 3 tahap kegiatan yakni perencanaan, tindakan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan platform Genially dan peningkatan kemampuan menganalisis teks biografi melalui platform Genially pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis teks biografi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIPA 5 mulai dari prasiklus, siklus pertama, hingga siklus kedua yang semakin membaik. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata yang didapatkan siswa kelas X MIPA 5 sebesar 65,6. Pada siklus pertama nilai rata-rata yang didapatkan siswa kelas X MIPA 5 sebesar 75,14. Pada siklus ke kedua nilai rata-rata yang didapatkan siswa kelas X MIPA 5 sebesar 82,01. Pada tahap prasiklus 0 %, pada tahap siklus 1 meningkat menjadi 8,3 %, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 41,7 % siswa yang memperoleh kriteria nilai sangat baik. Peningkatan tersebut disebabkan oleh penggunaan platform Genially yang diterapkan dalam pembelajaran menganalisis teks biografi pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji.

English Abstract

The ability to analyze is one of the skills that students must have because it has a very important function in learning. The ability to analyze biographical texts for class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo is still low, this can be seen from the test scores analyzing student biographical texts in the pre-cycle. Efforts were made in this study by applying the Genially platform in learning biographical texts for class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Therefore, the application of the Genially platform is expected to be able to improve students' abilities in analyzing biographical texts through material that is presented in a fun way and interactive presentation in learning. This research is a Classroom Action Research (PTK) model of Kemmis and Taggart which includes 3 stages of activity: planning, action, and reflection. This study aims to describe the application of the Genially platform and improve the ability to analyze biographical texts through the Genially platform in class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo. The results showed that the ability to analyze biographical texts of class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji Situbondo increased. This increase was indicated by a change in the average score of class X MIPA 5 starting from the pre-cycle, cycle I, to cycle II which was getting better. In the pre-cycle stage, the average value obtained for class X MIPA 5 is 65.6. In cycle I the average score obtained by class X MIPA 5 was 75.14. In cycle II, the average score obtained by class X MIPA 5 students was 82.01. In the pre-cycle stage it was 0%, in the first cycle it increased to 8.3%, and in the second cycle it in,creased to 41.7% of students who got very good grades. This increase was caused by the use of the Genially platform which was applied in learning to analyze biographical texts in class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Panji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120159
Uncontrolled Keywords: PTK, Peningkatan, Kemampuan Menganalisis, Teks Biografi, Platform Genially
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:48
Last Modified: 31 Jan 2023 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197167
[thumbnail of DALAM MASA EMBAERGO] Text (DALAM MASA EMBAERGO)
Diana Rosita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item