Pengembangan Bahan Ajar Pendukung BIPA Berbasis Tradisi Sodoran Tengger Bagi Pemelajar Level B2.

Nur Azizah, Siti (2022) Pengembangan Bahan Ajar Pendukung BIPA Berbasis Tradisi Sodoran Tengger Bagi Pemelajar Level B2. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi awal penelitian yang dilakukan melalui wawancara dengan pengajar BIPA dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa BIPA menunjukan hasil (1) Mahasiswa BIPA hanya mengetahui tradisi atau budaya lokal yang populer seperti wayang dan reog, (2) mahasiswa BIPA tertarik dengan tradisi khas Jawa, (3) mahasiswa BIPA mengetahui tentang Bromo sebagai tempat wisata, tetapi tidak mengenal Suku Tengger dan budayanya. Hasil tersebut menjadi dasar utama penelitian Pengembangan Bahan Ajar Pendukung BIPA Berbasis Tradisi Sodoran Tengger Bagi Pemelajar Level B2 harus dilakukan. Penelitian ini mengangkat dua rumusan masalah yaitu tahapan pengembangan bahan ajar pendukung dan bagaimana tingkat kelayakan produk tersebut. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan serta tingkat kelayakan bahan ajar pendukung berbasis Tradisi Sodoran Tengger. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan model R2D2. Penelitian ini menggunakan data hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, hasil wawancara kepada pengajar BIPA terkait kebutuhan bahan ajar pendukung, dan hasil uji kelayakan produk. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar pendukung BIPA berbasis tradisi Sodoran Tengger bagi pemelajar BIPA level B2. Bahan ajar terdiri dari tiga unit pembelajaran dengan tema Suku Tengger dan tradisi Sodoran. Kelayakan produk dari hasil uji kelayakan oleh tim partisipatif menunjukan nilai 75% (baik) kategori pembelajaran BIPA, nilai 87% (sangat baik) pada kategori bahasa, 84% (sangat baik) pada kategori media. Praktisi memberikan nilai 71% (baik) pada aspek pembelajaran BIPA, 81% (baik) aspek bahasa, dan 77% (baik) pada aspek media. Pada uji kelayakan pengguna terbatas yang berjumlah 13 orang mahasiswa BIPA pada tanggal 4-6 Juni 2022 menunjukkan nilai kelayakan berada di rentang B dan A. Persentase 72-90% pada ketiga aspek penilaian. Saran dan masukan dari tim partisipatif selama kegiatan uji kelayakan menjadi dasar perbaikan produk. Produk akhir dikemas dalam bentuk PDF. Pemilihan PDF dikarenakan mudah dalam menyebarkannya

English Abstract

Initial studies conducted through interviews with BIPA teachers and distributing questionnaires to BIPA students showed the results (1) BIPA students only knew popular local traditions or culture such as wayang and reog, (2) BIPA students were interested in Javanese traditions, (3) BIPA students know about Bromo as a tourist spot, but do not know the Tengger Tribe and its culture. These results are the main basis for research on the Development of BIPA Supporting Teaching Materials Based on the Sodoran Tengger Tradition for Level B2 Students. This research raises two problem formulations, namely the stages of developing supporting teaching materials and how the level of feasibility of the product is. The research method uses the R2D2 model development research type. This research uses datathe results of distributing questionnaires to students of Brawijaya University and Malang State University, the results of interviews with BIPA teachers regarding the need for supporting teaching materials, andproduct feasibility test results. The results of this study are in the form of supporting teaching materials for BIPA based on the Sodoran Tengger tradition for BIPA level B2 students. The teaching materials consist of three learning units with the theme of the Tengger Tribe and the Sodoran tradition. The feasibility of the product from the results of the feasibility test by the participatory team showsscore75% (good) in the BIPA learning category, 87% (very good) in the language category, 84% (very good) in the media category. Practitioners scored 71% (good) on the BIPA learning aspect, 81% (good) on the language aspect, and 77% (good) on the media aspect. In the limited user feasibility test, which consisted of 13 BIPA students on June 4-6, 2022, the eligibility scores were in the range B and A. The percentage was 72-90% in the three aspects of the assessment. Suggestions and input from the participatory team during the feasibility test activity became the basis for product improvement. The final product is packaged in PDF form. Selection of PDF because it is easy to distribute.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422120021
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, BIPA, Tradisi Sodoran, Level B2
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:17
Last Modified: 30 Jan 2023 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197068
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item