eningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Media Infografis Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Sumbermanjing Wetan.

Putri Candra Kartika, Vivi (2022) eningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Media Infografis Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Sumbermanjing Wetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) mengenai peningkatan keterampilan menulis teks prosedur siswa dengan menerapkan media infografis. Subjek yang memiliki peran yakni keseluruhan dari siswa kelas VII-A di SMPN 3 Sumbermanjing Wetan dengan jumlah 26 siswa. Permasalahan penelitian ini terjadi dikarenakan tidak maksimalnya proses pembelajaran menulis teks prosedur. Waktu dilangsungkannya pembelajaran guru sebatas memakai referensi buku paket yang dipinjam lewat perpustakaan. Hal itu menyebabkan kurangnya antusias dan menurunnya motivasi siswa kelas VII-A. Media infografis memungkinkan untuk mendatangkan pengalaman yang baru untuk siswa dan mendorong peningkatan kreativitas siswa agar menginterpretasikan apa yang siswa lihat. Hasil temuan menunjukkan bahwa siklus I keseluruhan hasil produk siswa yang diperoleh dari 26 siswa yang mempunyai KKM 75 siswa dengan jumlah tuntas mencapai 15 siswa dan siswa dengan predikat belum tuntas adalah 11 siswa yang berjumlah 1920 selanjutnya dibagi 26 siswa memperoleh rerata hasil 73,84 memiliki skor paling tinggi 88 sementara yang paling rendah mencapai 60 yang mempunyai persentase ketuntasan 57,69%. Siklus II, banyaknya siswa dengan status tuntas mencapai 20 siswa sementara yang belum tuntas mencapai 6 siswa berjumlah 2133 kemudian dibagi 26 siswa mendapat rata-rata hasil 82,03 melalui nilai yang paling tinggi 100 dan paling sedikit 64 dengan persentase ketuntasan 76,92%

English Abstract

This research is a classroom action research (CAR) regarding improving students' procedural text writing skills by applying infographic media. Subjects who have a role are all students of class VII-A at SMPN 3 Sumbermanjing Wetan with a total of 26 students. The problem of this research occurs because the learning process of writing procedure text is not optimal. At the time of teaching, the teacher was limited to using reference books borrowed from the library. This causes a lack of enthusiasm and a decrease in the motivation of class VII-A students. Infographic media makes it possible to bring new experiences for students and encourage increased creativity of students to interpret what students see. The findings show that the first cycle of the overall student product results obtained from 26 students who have a KKM of 75 students with a total of 15 students who completed and students with an incomplete predicate of 11 students totaling 1920 then divided by 26 students obtaining an average result of 73.84 having a score the highest was 88 while the lowest was 60 which had a completeness percentage of 57.69%. Cycle II, the number of students with complete status reached 20 students while those who had not completed reached 6 students totaled 2133 then divided by 26 students got an average result of 82.03 through the highest score of 100 and at least 64 with a percentage of completeness of 76.92%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120143
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Teks Prosedur, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Media Infografis
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:40
Last Modified: 25 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196937
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vivi Putri Candra Kartika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item