Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dengan Hybrid Learning Di Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi D Iii Keperawatan Blora

Oktafiani, Diana Tri and Dr. Kumboyono and Ns. Renny Nova (2022) Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dengan Hybrid Learning Di Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi D Iii Keperawatan Blora. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembatasan sosial berdampak pada semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Perguruan tinggi menerapkan kebijakan pembelajaran dengan metode pembelajaran daring namun dengan berjalannya waktu, untuk memaksimalkan pembelajaran selama masa pandemi pemerintah menerapkan metode hybrid learning. Perubahan metode pembelajaran itulah yang menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya perubahan psikologis pada mahasiswa salah satunya adalah kecemasan. Kecemasan merupakan respons emosional yang tidak menyenangkan, penuh dengan kekhawatiran, dan rasa takut tentang sesuatu yang tidak jelas dan tidak dapat terdefinisikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat kecemasan mahasiswa dalam penerapan metode pembelajaran daring dengan hybrid learning di Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi D III Keperawatan Blora. Rancangan penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian ini terdiri dari 182 mahasiswa yang berasal dari tingkat I,II dan III. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner HARS dengan 14 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan sebanyak 102 mahasiswa (56,0%) mengalami kecemasan berat pada penerapan system pembelajaran daring, sedangkan pada penerapan system hybrid learning mahasiswa yang mengalami kecemasan berat sejumlah 29 mahasiswa (15,9%). Hasil analisis bivariat menunjukan nilai p-value sebesar 0.001<0.05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil terdapat perbedaan antara tingkat kecemasan mahasiswa dalam penerapan metode pembelajaran daring dengan hybrid learning di Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi D III Keperawatan Blora

English Abstract

Social restrictions have an impact on all fields, including the field of education sector. Higher education institutions implement learning policies using online learning methods but over time, the government applies hybrid learning methods to maximize learning during the pandemic. Changes in learning methods are one of the factors that trigger psychological changes in students, one of which is anxiety. Anxiety is an unpleasant emotional response, filled with worry, and fear about something that is unclear and cannot be defined. This study aims to identify differences in student anxiety levels in applying online learning methods with hybrid learning at the Polytechnic of the Ministry of Health Semarang Prodi D III Nursing Blora. The design of this study is analytically observational with a cross-sectional approach. The respondents of this study consisted of 182 students from levels I, II and III. The research instrument used was the HARS questionnaire with 14 questions. The results of this study showed that 102 students (56.0%) experienced severe anxiety in implementing the online learning system, while in the application of the hybrid learning system, 29 students (15.9%) experienced severe anxiety. The results of the bivariate analysis show an p- value of 0.001 <0.05, so it can be concluded that the "Hypothesis is accepted" thus it can be concluded that the results show differences between students' anxiety levels in applying online learning methods with hybrid learning at the Ministry of Health Polytechnic Semarang Study Program D III Nursing Blora

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060175
Uncontrolled Keywords: Student Anxiety Level, Online Learning, Hybrid Learning.,-Tingkat Kecemasan Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Hybrid Learning
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:16
Last Modified: 24 Jan 2023 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196890
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DIANA TRI OKTAFIANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item